4 Hal Ini Direkomendasikan WHO untuk Jaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi

4 Hal Ini Direkomendasikan WHO untuk Jaga Kesehatan Mental di Rumah Selama Pandemi Kredit Foto: GenPI

World Health Organization (WHO) merilis panduan bagi masyarakat untuk sama-sama menjaga kesehatan mental.

Sebab beberapa gangguan mental yang kerap timbul dewasa ini misalnya mudah terbawa emosi, stres, cemas berlebihan, depresi, dan sebagainya.

Kecemasan dan gangguan mental ini kemudian akan menimbulkan ketidakseimbangan yang pada akhirnya timbul menjadi gangguan psikis.

Maka dari itu masyarakat harus menjaga kesehatan jiwa untuk menghindari keluhan fisik akibat stres.

Baca Juga: Pijat untuk Penderita Diabetes Ternyata…

Dimana, ketika seseorang stres sistem imun dalam tubuh akan berkurang.

Hal ini akan menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit dan diharapkan masyarakat dapat berfikir secara optimis dalam menghadapi masa pandemi Covid-19.

Untuk itu, ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan mental selama masa pandemi Covid-19 antara lain:

1. Melakukan aktifitas fisik

Karena dengan melakukan aktivitas fisik, tubuh kamu akan memproduksi hormon endorfin yang dapat meredakan stres, mengurangi rasa khawatir, dan memperbaiki mood.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

2. Konsumsi makanan bergizi

Mengonsumsi makanan bergizi dapat menjaga kesehatan tubuh dan kesehatan mental, baik secara langsung maupun tidak langsung.

3. Menghentikan kebiasaan buruk

Menghentikan kebiasaan merokok dan minum-minuman beralkohol serta begadang hingga pagi.

Baca Juga: Ringankan Nyeri saat Menstruasi dengan Cara Ini

4. Membuat rutinitas sendiri.

Disarankan untuk melakukan aktivitas dan hobi yang disukai, dengan tujuan untuk menghilangkan rasa jenuh. (*)

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini