El Salvador, Kini jadi Negara dengan ATM Bitcoin Terbesar di Amerika Selatan

El Salvador, Kini jadi Negara dengan ATM Bitcoin Terbesar di Amerika Selatan Kredit Foto: Unsplash/André François McKenzie

El Salvador sekarang menjadi tuan rumah jaringan ATM kripto terbesar ketiga setelah Amerika Serikat dan Kanada, yaitu sebesar 70% dari semua ATM kripto di Amerika Selatan.

Menurut data dari Coin ATM Radar, El Salvador telah melampaui jumlah ATM kripto Inggris setelah mengerahkan 205 ATM kripto hingga saat ini untuk memfasilitasi transaksi Bitcoin lokal dan konversi BTC ke dolar AS.

Baca Juga: McDonald di El Savador Bisa Menerima Pembayaran Pakai Bitcoin!

Dibandingkan dengan data Statista dari 16 Agustus, menjadi bukti bahwa El Salvador telah berhasil memasang 201 ATM hanya dalam satu bulan. Sebelumnya, negara tersebut berada di peringkat ke-43 dalam daftar dengan hanya empat ATM kripto yang berfungsi.

Presiden Nayib Bukele sebelumnya menyatakan bahwa adopsi Bitcoin pada awalnya akan didukung oleh jaringan 200 ATM dan 50 cabang. Pemerintah Salvador telah bermitra dengan penyedia dompet cryptocurrency in-house bernama Chivo untuk memberi dukungan pada dompet BTC dan penggunaan ATM di negara tersebut.

Instalasi ATM kripto berada pada titik tertinggi sepanjang masa di seluruh dunia dengan 27.664 mesin aktif, dan 2.790 mesin baru ditambahkan pada bulan September. Peningkatan drive instalasi ATM El Salvador sejalan dengan perintah presiden baru-baru ini yang mengharuskan semua bisnis menerima pembayaran dalam Bitcoin. Namun, pedagang tetap memiliki opsi untuk mengonversi pembayaran Bitcoin ke USD sebelum menarik penghasilan mereka.

Sementara yurisdiksi lain belum memutuskan kasus penggunaan Bitcoin sebagai aset utama, rata-rata 63,7 ATM terus dipasang secara global setiap hari. Genesis coin tetap menjadi produsen ATM kripto terkemuka dengan pangsa pasar 40,7%, sementara General Bytes dan BitAccess masing-masing mewakili 22,7% dan 12,7% dari pasar.

Adopsi Bitcoin El Salvador telah melihat beberapa perlawanan dari penduduk setempat, yang baru-baru ini menyebabkan pembakaran mesin Bitcoin yang didukung Chivo. Mereka yang memprotes adopsi Bitcoin menyoroti kekhawatiran mengenai ketidakpastian, fluktuasi harga, dan kurangnya eksposur ke pasar kripto.

Kios Chivo adalah upaya pertama pemerintah untuk membuat infrastruktur untuk konversi BTC dan dolar AS. Saat ini, El Salvador menggunakan Bitcoin dan dolar AS sebagai alat pembayaran yang sah.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini