Ngeri! Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai Jika Anda Langsung Tidur Setelah Makan

Ngeri! Ini Bahaya Kesehatan yang Mengintai Jika Anda Langsung Tidur Setelah Makan Kredit Foto: Pexels/Andrea Piacquadio

Makan adalah salah satu kebutuhan yang harus terpenuhi oleh setiap orang. Hal demikian juga aberlaku untuk tidur yang mana jadi sarana istirahat yang baik untuk tubuh. Seringkali dan mungkin di antara kita menggabungkan dua hal penting ini dalam satu momen, yakni langsung tidur setelah makan. Ternyata ada bahaya kesehatan terkait kebiasan ini. Apa saja bahaya tersebut?

Melasir laman food.ndtv.com, saat tidur, tubuh Anda membutuhkan upaya ekstra untuk mencerna makanan.

Baca Juga: Penting! Dua Ramuan Herbal Ini Bisa Mengobati Berbagai Macam Penyakit

"Tidur tepat setelah makan malam dapat menghambat proses pencernaan Anda. Makanan akan sulit melewati dinding usus. Beberapa mengeluh asam mendorong kembali, menyebabkan sensasi terbakar. Ada ketidaknyamanan yang jelas. saat tidur dan terganggu, tidur yang tidak memadai akhirnya menyebabkan penambahan berat badan." Ujar Konsultan Nutrisi Rupali Datta.

Tidur tepat setelah makan juga dapat membuat berat badan bertambah. Salah satu alasan utama mengapa tidur tepat setelah makan malam adalah larangan ketat bagi penggemar kebugaran adalah karena hal itu berdampak pada lingkar pinggang Anda.

Pencernaan yang tertunda, kurang tidur merupakan kontributor utama kenaikan berat badan. Seiring berjalannya hari, metabolisme juga terpukul, sehingga sulit untuk membakar apa pun yang Anda makan.

Tidur tepat setelah makan besar juga meningkatkan risiko sakit maag dan refluks asam juga. Gerd atau refluks asam dipicu ketika asam lambung didorong kembali ke tenggorokan Anda, yang menyebabkan sensasi terbakar.

Baca Juga: Wacana Pemberian Vaksin Dosis Ketiga di AS Banyak Ditentang Tenaga Kesehatan

Berbaring telungkup segera setelah makan bisa memperburuk keadaan. Studi juga mengaitkan bagaimana refluks asam dapat menyebabkan sleep apnea, yang juga dapat menyebabkan stroke. Gangguan pencernaan dan pengaruhnya terhadap kolesterol darah dan tekanan darah Anda juga bukan hal yang baik untuk jantung Anda.

Berapa Lama Waktu yang Tepat untuk Tidur Setelah Makan?

"Sangat ideal untuk menjaga jarak 3 jam antara makan malam dan waktu tidur. Ini membantu menghindari gangguan pencernaan, mulas atau gangguan tidur lainnya. Tidur dengan perut penuh cenderung memperlambat metabolisme juga, yang dapat berkontribusi pada penambahan berat badan dan obesitas." jelas Ahli Gizi Makrobiotik dan Praktisi Kesehatan Shilpa Arora.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini