Bitcoin Bisa Menjadi Nilai Lindung Terhadap Inflasi? Ini Kata Kepala Penilitian Chainalysis

Bitcoin Bisa Menjadi Nilai Lindung Terhadap Inflasi? Ini Kata Kepala Penilitian Chainalysis Kredit Foto: Unsplash/Andre Francois Mckenzie

Data dari perusahaan analitik blockchain Chainalysis menunjukkan bahwa Bitcoin (BTC) mungkin bukan nilai lindung terhadap inflasi yang tampaknya diyakini banyak orang.

“Saat ini, kami tidak dapat menunjukkan korelasi yang signifikan secara statistik antara inflasi di AS dan harga Bitcoin, tetapi kami tahu secara anekdot bahwa banyak orang berinvestasi di Bitcoin sebaga nilai lindung terhadap inflasi,” kata kepala penelitian Chainalysis, Kim Grauer, pada 31 Agustus ketika ditanya tentang pemikirannya tentang inflasi saat ini di Amerika Serikat dan dampaknya terhadap Bitcoin.

Baca Juga: Hati-Hati Pencinta Kripto! Ray Dalio Peringatkan: Bitcoin Akan 'Dibunuh' Pemerintah Jika...

Inflasi AS telah menjadi topik hangat selama satu atau dua tahun terakhir. Kembali pada bulan Juni, laporan menunjukkan bahwa inflasi di AS mencapai tingkat yang tidak terlihat dalam lebih dari satu dekade.

Negara-negara lain telah mengalami inflasi yang jauh lebih buruk daripada yang terlihat di Amerika Serikat. Venezuela, misalnya, mengalami inflasi 10.000.000% pada tahun 2019. Pada saat itu minat terhadap aset digital tumbuh bersamaan.

“Kami juga tahu bahwa di negara lain yang menderita inflasi atau devaluasi mata uang yang lebih parah seperti Venezuela dan Nigeria, orang menggunakan cryptocurrency sebagai penyimpan nilai,” tambah Grauer.

Bitcoin sering digambarkan sebagai penyimpan aset nilai dalam industri kripto meskipun secara logis, peristiwa seperti jatuhnya harga di awal tahun 2021 membuat narasi itu dipertanyakan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini