Bayi Sudah Punya Gigi Sejak Lahir, Apakah Berbahaya?

Bayi Sudah Punya Gigi Sejak Lahir, Apakah Berbahaya? Kredit Foto: Unsplash/Nyana Stoica

Bayi bisa saja lahir dengan gigi yang sudah tumbuh, seperti yang diperlihatkan bidan di Inggris bernama Angela di akun Instagram miliknya.

Dalam foto yang dibagikan Angela terlihat rongga mulut bayi yang baru lahir dengan dua gigi depan bawah yang sudah tumbuh. Setidaknya, itu terlihat seperti benjolan yang menyerupai gigi.

Baca Juga: Penting! Ibu Hamil dan Menyusui Harus Perbanyak Minum Air Putih, Alasannya...

"Si kecil ini akan dievaluasi untuk kesulitan menyusui, lalu akan menemui dokter anak dan kemungkinan dokter gigi," ucap Angela.

Kejadian seperti ini sangat jarang. Diperkirakan, hanya dua persen bayi baru lahir yang memiliki gigi sejak lahir.

"Ini dapat menyebabkan masalah dengan menyusui karena bayi mungkin secara tidak sengaja akan menggigit puting saat menyusui," kata Stanford Children's Health.

Ada kondisi yang lebih serius yang harus diwaspadai terkait gigi bayi. Itu bisa saja membuatnya dalam bahaya.

Gigi bayi yang tumbuh sejak lahir biasanya kecil, longgar, dan lemah. Gigi itu bisa lepas kapan saja selama masa bayi.

Baca Juga: Apakah Sering Buang Air Kecil Sudah Pasti Mengidap Diabetes?

Jika gigi lepas, ada risiko bayi atau anak menghirupnya ke saluran udara atau menelannya. Bayi juga bisa melukai lidah atau bibirnya atau menderita maalnutrisi jika tidak dapat menyusui dengan benar.

Untuk alasan ini, sering kali gigi kecil bayi harus diangkat melalui pembedahan. Itu kalau hasil rontgen menunjukkan bahwa giginya longgar.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini