Apakah Permen Bebas Gula Pilihan yang Tepat untuk Penderita Diabetes?

Apakah Permen Bebas Gula Pilihan yang Tepat untuk Penderita Diabetes? Kredit Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Satu hal yang perlu dihindari penderita diabetes adalah makanan dengan kandungan gula yang tinggi. Hal ini dimaksudkan agar gula darah tetap dalam skala normal. Makanan yang sudah dipastikan memiliki kadar gula tinggi wajib dihindari penderita diabetes, sebut saja permen atau manisan yang banyak beredar di masyarakat.

Baca Juga: Apakah Sering Buang Air Kecil Sudah Pasti Mengidap Diabetes?

Pertanyaannya bagaimana jika makanan sejenis permen dibuat tanpa gula? Apakah penderita diabetes aman mengonsumsinya?

“Secara umum, permen bebas gula akan memiliki efek yang lebih kecil pada glukosa darah dibandingkan dengan permen yang mengandung gula,” kata Jo-Anne M. Rizzotto, RD, seorang pendidik diabetes bersertifikat di Joslin Clinic di Boston, sebagaimana dilansir dari laman Everyday Health.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Masih dalam sumber yang sama (Everyday Health), Sebuah tinjauan dari 37 penelitian yang diterbitkan pada Juli 2017 di Canadian Medical Association Journal menemukan bahwa pemanis buatan dikaitkan dengan peningkatan sederhana dalam risiko diabetes tipe 2, di antara penyakit lainnya.

Tinjauan lain, yang diterbitkan dalam Indian Journal of Pharmacology edisi Mei-Juni 2016, mengutip penelitian yang menunjukkan bahwa mengonsumsi pemanis buatan secara teratur dapat berbahaya bagi penderita diabetes karena dikaitkan dengan peningkatan risiko obesitas, yang selanjutnya dapat memperburuk intoleransi glukosa.

Permen Bebas Gula dan Diabetes

Saat mengelola diabetes, para ahli sepakat bahwa, setidaknya berdasarkan bukti saat ini, permen bebas gula adalah pilihan yang lebih baik daripada permen yang dibuat dengan gula biasa. “Memiliki pilihan permen bebas gula untuk memuaskan gigi manis tanpa menyebabkan lonjakan glukosa darah bisa sangat membantu,” kata Rizzotto.

Baca Juga: Mengenal Istilah ‘Fenomena Fajar’ yang Dialami Penderita Diabetes

Manfaat lain yang mungkin? Permen bebas gula seringkali, meskipun tidak selalu, mengandung lebih sedikit karbohidrat total, lebih sedikit gula, dan lebih sedikit kalori daripada permen biasa, kata Taylor.

Anna Taylor, RD, CDE, di Klinik Cleveland di Ohio mengungkapkan meskipun demikian tetap penting untuk menerapkan kontrol porsi seperti yang Anda lakukan dengan semua makanan dalam diet diabetes Anda.

Jenis permen ini masih berpotensi mempengaruhi kadar gula darah jika permen tersebut mengandung (seperti yang sering terjadi) gula alkohol, yang mengandung karbohidrat, tetapi dalam kadar yang lebih rendah daripada gula, catat Taylor.

Baca Juga: Gemuk Tetapi Bugar, Sebuah Alternatif Hidup Sehat yang Ahli Rekomendasikan

Beberapa contoh alkohol gula ini adalah sorbitol, xylitol, dan manitol. Jika Anda menelan terlalu banyak alkohol gula, Anda mungkin mengalami gejala gastrointestinal yang tidak nyaman seperti kembung, gas, dan diare, Taylor memperingatkan.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini