Survei Membuktikan: Ribuan Miliarder Tak Akan Wariskan Banyak Harta ke Anak, Lho Kenapa?

Survei Membuktikan: Ribuan Miliarder Tak Akan Wariskan Banyak Harta ke Anak, Lho Kenapa? Kredit Foto: Instagram Bill Gates

Sederet miliarder terkenal seperti Bill Gates, Warren Buffett dan Kevin O'Leary adalah mereka yang khawatir jika meninggalkan terlalu banyak harta kepada anak-anak mereka. Karena itulah mereka tidak akan mewariskan harta kepada anak mereka.

Baru-baru ini, dilansir dari CNBC International di Jakarta, Selasa (21/9/21) survei yang dilakukan The Motley Fool terhadap 2.000 individu dengan kekayaan bersih tinggi, yakni di atas USD1 juta atau Rp14,2 miliar, menghasilkan 67% di antaranya khawatir jika meninggalkan harta warisan kepada anak-anak mereka.

Baca Juga: Gelontorkan Rp24 Triliun, Bill Gates Sayangkan Tragedi Vaksin Covid-19 yang Tidak Merata

Responden itu memiliki banyak kekhawatiran tentang efek meninggalkan terlalu banyak uang kepada ahli waris mereka, termasuk khawatir jika kekayaan akan "digunakan secara tidak bertanggung jawab" atau "akan menyebabkan si penerima menjadi malas".

"Yang jelas adalah bahwa individu dengan kekayaan bersih tinggi khawatir tentang efek meninggalkan warisan yang terlalu besar," tulis analis riset Motley Fool, Jack Caporal.

Caporal melanjutkan, mereka hanya akan mempertimbangkan untuk meninggalkan warisan jika anak-anak tersebut bekerja keras, berprestasi di sekolah dan menemukan jalur karir yang baik.

Survei itu juga menemukan bahwa 85% individu dengan kekayaan bersih tinggi setuju bahwa mereka meninggalkan terlalu banyak uang kepada ahli waris yakni sekitar USD500 ribu hingga USD1 juta.

Terlepas dari kekhawatiran sebagian besar responden, sekitar 34% di antaranya mengungkap berencana untuk meninggalkan lebih dari 50% warisan kepada ahli waris mereka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini