Satgas Klaim PPKM Jadi Role Model Penanganan Covid-19 ala Indonesia

Satgas Klaim PPKM Jadi Role Model Penanganan Covid-19 ala Indonesia Kredit Foto: Antara/Rivan Awal Lingga

Ketua Bidang Penanganan Kesehatan Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Alexander Ginting menilai, kebijakan PPKM merupakan role model atau panutan dalam penanganan Covid-19 ala Indonesia.

"PPKM ini salah satu role model ala Indonesia dalam rangka menanggulangi Covid itu sendiri. Kita lihat kasus itu sudah banyak yang turun dan berbeda dengan situasi di bulan Juli [sebelum PPKM], khususnya rumah sakit," kata Alex dalam dialog virtual Media Center KPCPEN, Selasa (21/9/2021).

Baca Juga: Satgas Covid-19 Dorong Peningkatan Tracing meski Ada Kendala Terkait Anggaran

Alex menjelaskan, sebelum PPKM, angka bed occupancy rate di Indonesia mencapai 90%, kemudian angkanya turun setelah perpanjangan PPKM kesembilan hingga di bawah 20%. Kemudian, kasus aktif dan positif juga ia katakan telah turun hingga di bawah 10.000 dan angka kematian saat ini berada di angka sekitar 200 kasus.

"Jadi, kalau kita lihat perkembangan [PPKM] ini cukup baik dan responsnya sangat cepat. Ini tentunya terjadi karena gerak cepat dari seluruh elemen yang ada," ujarnya.

Menurut Alex, PPKM dapat diartikan kerja sambil berkolaborasi antara pemerintah, masyarakat, dan seluruh organisasi kemasyarakatan agama maupun budaya dalam upaya menangani pandemi Covid-19.

"Inilah mungkin yang tidak bisa dilihat di negara-negara lain. Jadi, ini menjadi contoh bagaimana PPKM ini bisa menjadi role model untuk Indonesia yang kemudian bisa menjadi satu contoh bahwa PPKM ini harus dilaksanakan terus-menerus kendati pun kasus sudah mulai turun," tuturnya.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini