Dfinity Internet Computer Luncurkan Kontrak Pintar Untuk Bitcoin

Dfinity Internet Computer Luncurkan Kontrak Pintar Untuk Bitcoin Kredit Foto: Reuters/Benoit Tessier

Blockchain Internet Computer Dfinity Foundation membawa kemampuan kontrak pintar ke jaringan Bitcoin (BTC). Kontrak ini berpotensi membuka pintu ke penggunaan baru untuk cryptocurrency utama.

Dfinity Foundation mengumumkan pada Selasa, nantinya  komputer Internet akan menggunakan kriptografi Blockchain untuk berintegrasi dengan Bitcoin, membuka jalan bagi kontrak pintar dengan alamat BTC asli yang di-host langsung di Komputer Internet.

Baca Juga: Bitcoin Bisa Menjadi Nilai Lindung Terhadap Inflasi? Ini Kata Kepala Penilitian Chainalysis

“Kontrak pintar Komputer Internet akan mendapatkan akses ke likuiditas Bitcoin, dan Bitcoin akan mendapatkan fungsionalitas kontrak pintar baru yang kuat, tanpa perlu layanan penghubung tepercaya yang tidak aman dan rumit,” jelas pendiri dan kepala ilmuwan Dfinity Foundation, Dominic Williams.

Kontrak pintar di Komputer Internet akan menampilkan alamat BTC terkait dan memberi akses langsung ke transaksi di blockchain Bitcoin. Finalitas transaksi di Komputer Internet membutuhkan waktu dua detik, dibandingkan dengan 40 menit di Bitcoin. Untuk menyiasatinya, apa yang disebut ‘Bank Bitcoin’ dapat digunakan langsung di Komputer Internet, memungkinkan transaksi dua detik yang cepat.

Awal tahun ini, Dfinity Foundation meluncurkan Program Ekosistem Pengembang senilai 223 juta dolar untuk mendukung kontrak pintar dan pengembangan blockchain lebih lanjut. Proyek, yang diluncurkan pada tahun 2014, telah menerima dukungan keuangan dari beberapa perusahaan ventura terbesar kripto, termasuk Andreessen Horowitz dan Polychain Capital.

Upaya terbaru Dfinity adalah bagian dari inisiatif industri yang lebih luas untuk membuat Bitcoin lebih mudah diakses untuk transaksi, desentralisasi keuangan, dan Web 3.0. pada Januari dan  jaringan sumber terbuka Stacks dengan peluncuran visinya untuk kontrak pintar yang berpusat pada Bitcoin menggunakan blockchain lapisan satu dengan jembatan asli.

Beberapa pengembang lain sedang dalam proses memberikan aplikasi baru menjelang peningkatan Taproot Bitcoin yang diantisipasi secara luas akhir tahun ini. Peningkatan tersebut mendapat dukungan luar biasa dari node penambangan, membuka jalan bagi aktivasi soft-fork pada bulan November.

Meskipun Bitcoin belum mencapai semua prinsip dari buku putih Satoshi Nakamoto tahun 2008 yaitu, utilitas yang tersebar luas sebagai sistem pembayaran listrik,  Bitcoin telah muncul sebagai aset alternatif utama.

Jaringan Bitcoin mencapai total kapitalisasi pasar di utara 1 triliun dolar pada bulan Mei sebelum mengalami koreksi pasar yang luas. Sebagian besar pertumbuhan itu disebabkan oleh meningkatnya dukungan institusional untuk Bitcoin sebagai aset.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini