Ternyata Posisi Berdiri Bisa Bantu Sensitivitas Insulin

Ternyata Posisi Berdiri Bisa Bantu Sensitivitas Insulin Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Para peneliti memerhatikan bahwa posisi berdiri ada kaitannya dengan sensitivitas insulin yang lebih baik. Meningkatkan waktu berdiri setiap hari dapat membantu mencegah penyakit kronis.

Baca Juga: Sering Dikaitkan dengan Diabetes, Apa Itu Insulin?

Hal ini terungkap dalam studi kolaboratif di Finlandia oleh Turku PET Center dan lembaga UKK belum lama ini. Insulin adalah hormon kunci dalam metabolisme energi dan pengaturan gula darah.

Fungsi insulin normal dalam tubuh dapat terganggu oleh kelebihan berat badan. Ujungnya, kondisi itu menyebabkan penurunan sensitivitas insulin dan peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Diabetes tipe 2 adalah salah satu penyakit gaya hidup yang paling umum di seluruh dunia dan onset-nya biasanya didahului oleh gangguan sensitivitas insulin, yaitu resistensi insulin. Ini mengacu pada keadaan di mana tubuh tidak bereaksi terhadap insulin secara normal, dan kadar glukosa darah meningkat.

Gaya hidup memiliki dampak yang kuat pada resistensi insulin dan perkembangan diabetes tipe 2. Aktivitas fisik secara teratur diketahui memiliki peran penting dalam pencegahan masalah ini. Namun, selama ini, sedikit yang diketahui tentang dampak dari perilaku berdiam diri, baik istirahat dalam duduk dan berdiri, terhadap resistensi insulin.

Baca Juga: Penting! Berikut Tips Melahirkan Bayi Sehat untuk Wanita yang Mengidap Diabetes

Dalam sebuah studi dari Turku PET Center dan UKK Institute, para peneliti menyelidiki hubungan antara resistensi insulin dan perilaku menetap, aktivitas fisik, dan kebugaran pada orang dewasa usia kerja yang tidak bergerak aktif. Mereka memiliki peningkatan risiko diabetes tipe 2 dan penyakit kardiovaskular.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini