Bank Sentral Ukraina Dukung Pengembangan Industri Kripto, Keluarkan Pernyataan Resmi

Bank Sentral Ukraina Dukung Pengembangan Industri Kripto, Keluarkan Pernyataan Resmi Kredit Foto: Istimewa

Bank sentral Ukraina telah bergerak untuk mendukung pengembangan industri cryptocurrency setelah parlemen Ukraina mengadopsi undang-undang kripto utama pada awal September.

Bank Nasional Ukraina (NBU) mengeluarkan pernyataan resmi tentang prinsip-prinsip dasar kebijakan moneter untuk tahun mendatang di mana ia memberikan perhatian khusus pada peraturan cryptocurrency pada 13 September.

Baca Juga: Dfinity Internet Computer Luncurkan Kontrak Pintar Untuk Bitcoin

Bank sentral menekankan bahwa NBU mengakui pentingnya inovasi teknologi yang terkait dengan aset virtual dan melihat banyak peluang yang menjanjikan, seperti meningkatkan akses ke layanan keuangan dan meningkatkan persaingan di pasar pembayaran.

Menurut NBU, cryptocurrency seperti Bitcoin (BTC) tidak memiliki dampak signifikan pada kebijakan moneter dan stabilitas keuangan Ukraina karena tingkat adopsi yang relatif terbatas dan volatilitas harga yang tinggi.

Namun, karena bank yakin bahwa pertumbuhan adopsi lebih lanjut pada akhirnya akan membuat cryptocurrency kurang stabil, NBU akan mengambil langkah-langkah tertentu untuk memastikan stabilitas keuangan. Dengan demikian, NBU akan memberikan perhatian untuk memantau risiko adopsi kripto yang cepat, terutama berfokus pada stablecoin pribadi, jenis kripto yang dipatok pada aset dasar seperti mata uang fiat atau logam mulia.

Menurut Bank sentral, cryptocurrency pada akhirnya menimbulkan potensi risiko penggantian mata uang nasional dan munculnya sirkulasi uang paralel di luar kendali NBU. Risiko lainnya termasuk arus keluar modal asing, masalah pencucian uang, serta menggusur perbankan tradisional secara keseluruhan.

Untuk meminimalkan risiko ini, NBU akan bekerja untuk memastikan bahwa hryvnia Ukraina adalah satu-satunya alat pembayaran yang sah di Ukraina. Pihak berwenang juga menambahkan bahwa Bank sentral masih akan berkomitmen untuk mempromosikan kripto pada saat yang sama, dengan menyatakan:

“Bank Nasional akan berupaya membangun sistem yang menyediakan peraturan negara yang transparan dan dapat dipahami yang akan mendorong pengembangan sirkulasi aset virtual yang adil dan efisien.”

NBU juga mencatat bahwa mereka akan terus mempelajari pengalaman internasional dalam mengembangkan mata uang digital bank sentral (CBDC). Seperti dilaporkan sebelumnya, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy menandatangani undang-undang yang secara resmi memungkinkan NBU untuk mengeluarkan CBDC pada Juli 2021.

Berita itu muncul setelah Verkhovna Rada dari Ukraina mengadopsi rancangan undang-undang “Tentang Aset Virtual” pada 8 September, memberikan pengakuan hukum untuk cryptocurrency seperti Bitcoin. Meskipun tidak mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah, undang-undang tersebut masih mengizinkan pembayaran berbasis kripto melalui konversi aset kripto menjadi fiat, menurut beberapa pejabat pemerintah.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini