Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Pir?

Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Pir? Kredit Foto: Pexels/Markus Spiske
Warta Ekonomi, Jakarta -

Terdapat beberapa kesalahpahaman di masyarakat bahwa penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi buah terutama yang manis. Hal ini berdasar pada kekhawatiran bahwa buah tersebut memicu lonjakan gula darah yang tinggi. Nyatanya anggapan ini kurang tepat.

Penderita diabetes masih bisa mengonsumsi buah-buahan, tetapi tentu harus diperhatikan jumlah, jenis, dan kuantitasnya. Untuk sebagian orang, buah pir memiliki rasa khas tersendiri yang tidak dimiliki buah lainnya sehingga menjadi buah favorit. Bagaimana dengan pendderita diabetes? Apakah buah pir aman untuk dikonsumsi?

Baca Juga: Penting! Berikut Tips Melahirkan Bayi Sehat untuk Wanita yang Mengidap Diabetes

Melansir laman kesehatan Healthline, Pir bisa sangat lezat dan merupakan buah yang bagus untuk dimakan jika Anda menderita diabetes.

Manfaat nutrisinya benar-benar dapat membantu Anda mengelola kondisi tersebut, seperti yang ditunjukkan oleh banyak penelitian. Pir juga memiliki indeks glikemik rendah, sehingga tidak akan meningkatkan glukosa darah Anda terlalu cepat.

Tinjauan Pir-Diabetes

Baca Juga: Penting! Pengidap Diabetes Sering Berkeringat Setelah Makan? Mungkin Ini Penyebabnya

Ada banyak penelitian yang tersedia yang menghubungkan manfaat kesehatan dengan buah pir, terutama bagi mereka yang menderita diabetes atau berisiko terkena diabetes.

Satu studi memeriksa ribuan orang dengan risiko diabetes tipe 2 dan menemukan bahwa makanan yang kaya antosianin, termasuk pir, menurunkan risiko diabetes tipe 2.

Konsumsi buah utuh versus jenis produk pir lainnya mungkin menjadi kunci dalam memaksimalkan manfaat kesehatannya bagi mereka yang berisiko terkena diabetes. Sebuah studi menemukan bahwa mengonsumsi buah utuh, seperti pir, menurunkan risiko diabetes tipe 2 dibandingkan mengonsumsinya sebagai jus.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Penelitian tentang konsumsi pir di antara orang-orang yang berisiko terkena diabetes tipe 2 menemukan bahwa makan apel dan pir mengurangi risiko sebesar 18 persen.

Mengkonsumsi pir bersama dengan menjaga pola makan yang sehat dapat membantu mengendalikan diabetes tahap awal juga.

Satu studi menemukan bahwa pir Bartlett dan Starkrimson dapat membantu mencegah dan mengelola diabetes tipe 2 bila dikonsumsi sebagai buah utuh. Studi tersebut menghubungkan konsumsi buah-buahan untuk membantu mengurangi kebutuhan atau dosis obat diabetes pada tahap pradiabetes dan diabetes awal.

Baca Juga: Konsumsi Alkohol Memicu Risiko Long Covid-19 Bagi Penyintas

Penulis: Bayu Muhardianto
Editor: Bayu Muhardianto

Bagikan Artikel:

Video Pilihan