Wisata Taliban yang Bawa AK-47 di Kebun Binatang Bikin Geger Keluarga Afghanistan

Wisata Taliban yang Bawa AK-47 di Kebun Binatang Bikin Geger Keluarga Afghanistan Kredit Foto: AFP

Tentara Taliban yang menggendong AK-47 dan senapan serbu M16 berbaur di antara keluarga di Kebun Binatang Kabul, pengalaman baru bagi banyak pejuang muda dari pedesaan Afghanistan.

Melansir AFP, Rabu (22/9/2021), saat pengunjung mendirikan tempat piknik di tempat teduh, menikmati es krim dan biji delima asin, orang-orang bersenjata Taliban yang bersenjata berat mengintip ke dalam kandang yang menampung singa, macan tutul, unta, serigala, burung unta, dan kera.

Baca Juga: Prihatin ke Taliban, Begini Pinta Emir Qatar di Muka Sidang Majelis Umum PBB

Setelah bertahun-tahun bertempur di pedesaan, perebutan ibu kota adalah pertama kalinya banyak yang memasuki kota besar, apalagi kebun binatang.

Mereka mengambil foto narsis dan berpose untuk foto kelompok, tetapi ketenangan relatif itu tiba-tiba berubah ketika seorang petarung mencengkeram tanduk rusa dan teman-temannya tertawa terbahak-bahak.

Berpose dengan senapan

Setelah salat Jumat, puluhan pejuang Taliban bersenjata muncul – dan banyak lagi yang tidak memiliki senjata – mengenakan topi tradisional, sorban, dan syal. Beberapa memakai riasan mata yang populer di kalangan pria Afghanistan.

Seorang anggota Taliban, Abdul Qadir, 40 tahun, yang sekarang bekerja untuk kementerian dalam negeri, mengatakan dia sedang jalan-jalan dengan sekelompok teman pria.

"Saya sangat menyukai binatang, terutama yang dapat ditemukan di negara kita," katanya. "Aku sangat menyukai singa."

Ditanya tentang kehadiran bersenjata -- tidak pernah terdengar di kebun binatang lain di seluruh dunia -- dia mengatakan Taliban mendukung pelarangan senjata dari tempat itu sehingga "anak-anak atau wanita tidak perlu merasa takut".

Kebun binatang itu telah lama menjadi surga bagi wanita, anak-anak, dan kekasih muda di ibu kota yang memiliki sedikit ruang publik bagi siapa pun kecuali pria.

Satu unit yang terdiri dari enam pria bersenjata dari direktorat intelijen Taliban -- mengenakan seragam militer lengkap, anyaman tempur yang penuh dengan amunisi dan borgol baja, topi berpuncak dan bantalan lutut -- berkumpul untuk berfoto bersama dengan mullah bersorban.

Fotografer yang ditunjuk mengoordinasikan pemotretan, yang kemudian diperiksa dengan cermat oleh kelompok.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini