Berisiko Memicu Diabetes, Kurangi Makanan Manis Tinggi Gula dengan Melakukan 5 Cara Sederhana Ini

Berisiko Memicu Diabetes, Kurangi Makanan Manis Tinggi Gula dengan Melakukan 5 Cara Sederhana Ini Kredit Foto: Pexels/Karolina Grabowska

Mengidam makanan manis bisa jadi hal yang sangat rumit. Ada kalanya orang merasa membutuhkan sesuatu yang manis untuk meredam kecemasan, ada juga yang menyantapnya untuk menandai babak akhir makannya.

Baca Juga: Apakah Penderita Diabetes Boleh Makan Buah Pir?

Hanya saja, keinginan mengidam makanan manis jarang didorong oleh rasa lapar. Sebagian besar, itu dipicu oleh keinginan semu semata.

Baik itu setelah sarapan atau makan malam, selama ujian atau tepat sebelum terikat pekerjaan yang penting, tak dimungkiri hasrat untuk makan manis pasti akan terjadi karena dianggap mengurangi dampak pada kesehatan mental. Padahal, pada faktanya, sorang tidak dapat berhenti setelah mencicipinya.

Ahli gizi dan ahli diet percaya bahwa mengidam gula adalah alasan utama yang bertanggung jawab atas ketidakmampuan seseorang untuk tetap berpegang pada diet yang sehat. Berikut beberapa tip yang direkomendasikan ahli untuk mengatasi godaan makanan manis, dilansir laman Times Now News, Senin (20/9).

1. Hindari melewatkan makan

Dalam hal penurunan berat badan, seseorang mungkin merasa perlu melewatkan makan untuk mengurangi asupan kalori. Ternyata, itu bisa berkontribusi pada keinginan mengidam makanan manis sehingga meningkatkan asupan kalori secara drastis, dan penambahan berat badan dalam jangka panjang.

Baca Juga: Apa Saja Sih Makanan yang Boleh Dikonsumsi oleh Penderita Diabetes?

Sebagai gantinya, para ahli merekomendasikan untuk memasukkan makanan kaya serat dan protein dalam diet. Hal itu ditujukan untuk menghindari rasa lapar dan menyebabkan rasa kenyang.

2. Pilih pemanis yang alami dan sehat

Sesekali menuruti keinginan makan yang manis-manis mungkin tidak terlalu membahayakan kesehatan. Itu bisa juga berdampak positif pada kesejahteraan mental.

Saat menginginkan makanan manis, para ahli merekomendasikan pilihan yang lebih sehat. Coba ambil buah-buahan, campuran kacang-kacangan, atau bahkan sepotong cokelat hitam.

3. Tidur yang cukup

Kurang tidur, menurut para ahli kesehatan, adalah salah satu penyebab utama yang bertanggung jawab untuk mengidam makanan manis. Oleh karena itu, tidurlah tepat waktu dan lebih awal. Pastikan mendapat tidur minimal delapan jam untuk mencegah keinginan mengidam makanan penutup.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini