Survei Terbaru: Rakyat El Salvador Kebingungan dan Minim Kepedulian Terhadap Kripto

Survei Terbaru: Rakyat El Salvador Kebingungan dan Minim Kepedulian Terhadap Kripto Kredit Foto: Unsplash/Executium

El Salvador telah menjadi berita utama global saat pengenalan kontroversial Bitcoin (BTC) oleh presidennya sebagai alat pembayaran yang sah. Hal ini sebuah langkah yang telah memicu perbedaan pendapat dari banyak warga dan disambut dengan skeptis oleh Dana Moneter Internasional.

Sebuah survei baru menunjukkan bahwa terlepas dari perkembangan ini, sebagian besar orang El Salvador hanya sedikit yang mengetahui tentang cryptocurrency dan bahkan lebih sedikit tentang rekan-rekan kapitalisasi pasarnya yang lebih kecil.

Baca Juga: McDonald di El Savador Bisa Menerima Pembayaran Pakai Bitcoin!

Penelitian yang dilakukan oleh agensi Sherlock Communications yang berbasis di São Paulo menunjukkan bahwa 54% responden Salvador memilih 'tidak ada' ketika ditanya cryptocurrency mana yang paling mereka ketahui dari daftar lima koin terkemuka.

Sementara 40% memilih Bitcoin daripada kripto lain yang terdaftar yaitu Ether (ETH), Bitcoin, Dogecoin (DOGE) dan EOS. Survei tidak berusaha untuk menyelidiki tingkat atau kedalaman pengetahuan yang dimiliki responden ini tentang koin. Melansir dari Cointelegraph, Patrick O'Neill, direktur Sherlock Communications, mengatakan jika banyak warga El Salvador masih bingung dan minim informasi terkait kripto.

“Data yang kami kumpulkan dari El Salvador membuatnya sangat jelas bagi kami bahwa ada tingkat kebingungan yang sangat tinggi mengenai cryptocurrency, yang mengejutkan karena kelihatannya, mengingat keadaannya,” ujar Patrick.

Jawaban atas pertanyaan survei lainnya mendukung gambaran ini, dengan 46% responden memilih “tidak ada” ketika ditanya, “Apa yang membuat Anda percaya diri untuk berinvestasi dalam mata uang kripto?” Delapan belas persen menjawab bahwa regulasi yang tepat akan membantu mereka membuat lompatan, dengan angka yang sama, (16%) menjawab bahwa akses ke platform yang lebih andal dan ramah pengguna akan membuat perbedaan.

Ditanya apakah krisis ekonomi lokal akan membuat mereka lebih atau kurang mempercayai kripto, sebanyak 35% menjawab “kurang mungkin,” dan 28% menjawab bahwa penurunan fiskal akan membuat mereka “jauh lebih kecil kemungkinannya” untuk berinvestasi di kelas aset. 24% berpendapat sebaliknya, mengatakan bahwa penurunan ekonomi akan membuat mereka lebih tertarik pada kripto. Namun, sekali lagi, lebih banyak responden dengan angka 41% yang mengatakan bahwa iklim ekonomi yang buruk tidak akan membuat perbedaan dalam hubungan mereka dengan kripto.

Alih-alih permusuhan atau antusiasme langsung, sejumlah responden survei sebanyak 42% mengatakan bahwa mengakui Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah bukanlah ide yang baik atau buruk. Dari responden yang tersisa, 31% secara total memiliki pandangan yang kurang lebih negatif tentang langkah tersebut, dan 29% kurang positif.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini