Sehat dan Kaya Manfaat, Beberapa Jenis Teh Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes

Sehat dan Kaya Manfaat, Beberapa Jenis Teh Ini Cocok Dikonsumsi Penderita Diabetes Kredit Foto: Pexels/Tima Miroshnichenko

Mencari alternatif asupan makanan dan minuman bagi penderita diabetes adalah hal yang dibutuhkan. Salah satu alternatifnya adalah konsumsi herbal yang minim efek samping, misalnya teh.

“Teh adalah pilihan tepat bagi penderita diabetes. Hal ini bisa menjadi cara bebas karbohidrat untuk memberikan hidrasi dan antioksidan,” kata Lori Zanini, RD, CDCES, yang berbasis di Dana Point, California sebagaimana dikutip everydayhealth.com.

Baca Juga: Luka pada Tubuh Penderita Diabetes Kerap Menimbulkan Bau, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Lantas jenis teh apa yang cocok dikonsumsi penderita diabetes? Berikut informasinya yang dilansir dari laman everydayhealth.com.

Teh Hijau

Sebuah tinjauan studi menunjukkan bahwa teh hijau dan ekstrak teh hijau dapat membantu menurunkan kadar glukosa darah dan mungkin berperan dalam membantu mencegah diabetes tipe 2 dan obesitas.

Sebuah studi yang disebutkan dalam ulasan menemukan bahwa orang yang biasa minum teh hijau selama lebih dari 10 tahun memiliki lemak tubuh yang lebih rendah dan lingkar pinggang yang lebih kecil daripada mereka yang tidak. Dan obesitas dapat meningkatkan risiko seseorang terkena diabetes tipe 2 setidaknya enam kali lipat, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada April 2020 di jurnal Diabetologia.

Teh Hitam

Sebuah tinjauan yang diterbitkan pada Juni 2019 di jurnal Antioksidan mencatat bahwa beberapa studi epidemiologi menunjukkan bahwa minum teh hitam, hijau, atau oolong dapat mengurangi risiko terkena diabetes atau komplikasi diabetes.

Baca Juga: Bagaimana Tanda Luka Penderita Diabetes Akan Sembuh? Yuk Kenali 4 Tahap Penyembuhan Luka

Para peneliti menyarankan teh (termasuk hitam) dapat bekerja di dalam tubuh sebagian dengan meningkatkan resistensi insulin, memainkan peran seperti insulin, serta mengurangi respon inflamasi.

Penelitian lain, yang diterbitkan pada Januari 2017 di Asia Pacific Journal of Clinical Nutrition, menemukan bahwa minum teh hitam setelah mengonsumsi gula membantu mengontrol glukosa darah. Studi kecil mengamati orang-orang dengan pradiabetes serta orang-orang tanpa diabetes.

Lebih banyak berita positif untuk peminum teh hitam salah satunya tinjauan lain menemukan bahwa peminum teh, termasuk mereka yang minum teh hitam, memiliki prevalensi lebih rendah dari kejadian diabetes tipe 2.

Teh Chamomile

Menurut CDC, hanya satu malam kurang tidur dapat membuat tubuh Anda memproduksi insulin kurang efektif, berpotensi meningkatkan kadar gula darah Anda.

Berita bagus? Minum teh chamomile herbal, yang bebas kafein, dapat mendukung tidur Anda. Sebuah studi yang diterbitkan pada bulan Oktober 2015 di JAN menemukan bahwa ketika wanita dengan kualitas tidur yang buruk (yang baru saja melahirkan) minum teh chamomile selama dua minggu, mereka memiliki lebih sedikit masalah kualitas tidur dan gejala depresi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak minum teh chamomile. teh.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini