Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Merger, TD Bank Tumbuh sebagai Perbankan Top Kanada

Kisah Perusahaan Raksasa: Berawal dari Merger, TD Bank Tumbuh sebagai Perbankan Top Kanada Kredit Foto: Wikimedia Commons/Matthew G. Bisanzo

Toronto-Dominion Bank atau disingkat TD Bank adalah perbankan dan jasa keuangan multinasional Kanada yang menjadi salah satu perusahaan raksasa menurut Fortune Global 500. Dalam catatan finansial tahun 2020, TD Bank sukses mengantongi 44,50 miliar dolar AS ke dalam pendapatan (revenue) tahunan.

Fortune kembali mencatat bahwa kondisi finansial TD Bank masih relatif aman. Itu bisa dilihat dengan naiknya revenue sekitar 8 persen, sehingga posisinya dalam peringkat itu naik 28 poin. Meski tidak besar, akan tetapi keuntungan (profit) yang dihasilkan perusahaan ikut naik 0,3 persen menjadi 8,78 miliar dolar tahun itu. 

Baca Juga: Kisah Perusahaan Raksasa: Shaanxi Yanchang, Konglomerat Migas Asal China Sejak 1905

Penting untuk dicatat pula terkait aset TD Bank yang mencapai 1,07 triliun dolar di tahun 2020. Dengan demikian, terlihat bagaimana performa perusahaan dalam satu tahun ke belakang.

Sementara itu, TD Bank dibentuk atas gabungan (merger) dua raksasa perbankan saat itu yakni Bank of Toronto dan The Dominion Bank. Keduanya saat itu memiliki predikat sebagai salah satu dari lima bank besar di Toronto. 

Lebih lanjut, kisah Toronto-Dominion Bank atau TD Bank ini akan ditulis dalam artikel perusahaan raksasa Warta Ekonomi pada Kamis (23/9/2021) sebagai berikut.

Asal usul Toronto-Dominion Bank terletak pada upaya sekelompok pengusaha di Provinsi Kanada Barat (sebutan Ontario antara tahun 1840 dan 1867), yang terlibat dalam pembelian, penggilingan, dan pemasaran biji-bijian. Mereka bertekad untuk menciptakan lembaga keuangan untuk memenuhi kebutuhan khusus mereka di bidang perbankan, asuransi dan pertukaran komoditas.

Kelompok tersebut mengajukan petisi pertamanya untuk penggabungan Millers, Merchants and Farmers Bank of Canada West pada tahun 1854 ke badan legislatif provinsi Kanada, yang menolak permintaan tersebut. Namun, pada 18 Maret 1855, aplikasi mereka untuk piagam Bank of Toronto, dengan modal dasar 500.000 pounds, dikabulkan.

Pada bulan Juli 1856, Bank of Toronto membuka kantornya di 78 Church Street, Toronto, dengan tiga staf dan segera memulai pengembangan jaringan cabang provinsi. Pada tahun 1860, ia membuka cabang pertamanya di luar Ontario, di Montreal.

Bank of Toronto memantapkan dirinya sebagai bank yang efisien, menguntungkan, tetapi pada dasarnya konservatif sepanjang abad ke-19. Ini mempertahankan cadangan yang sangat tinggi terhadap modalnya dan menikmati harga saham tertinggi dari bank mana pun di Kanada. Pertumbuhan sangat lambat dan disengaja dengan beberapa cabang baru dibuka di pusat-pusat regional yang muncul. Pelanggan inti tetap petani, pedagang, dan pengolah produk pertanian (pabrik penggilingan, pembuat bir, penyuling).

Pada 1871, sekelompok pengusaha dan profesional di bawah kepemimpinan James Austin meluncurkan Dominion Bank untuk bergabung dengan Bank of Toronto di pasar Ontario. Mereka berdedikasi untuk menciptakan institusi baru yang “kondusif bagi kemakmuran umum bagian negara itu.” 

Seperti Bank of Toronto, Dominion Bank adalah lembaga yang berhati-hati, "memilih pelanggannya dengan hati-hati, melayani mereka dengan baik, dan makmur bersama mereka" (dalam kata-kata sejarah resmi). Itu juga menciptakan jaringan cabang, dan pada tahun 1872 menjadi bank Kanada pertama yang memiliki dua cabang di satu kota Toronto.

Dengan jatuh tempo ekonomi Kanada dan pembukaan Ontario utara dan Barat pada tahun 1880-an dan 1890-an, bank menjadi lebih agresif dalam pinjaman untuk industri sumber daya, utilitas, dan manufaktur. 

Pada tahun 1897, Dominion Bank membuka cabang barat pertamanya di Winnipeg dan dua tahun kemudian Bank of Toronto membuka cabang di kota pertambangan British Columbia, Rossland. Pada dekade pertama abad kedua puluh, bank-bank dengan cepat memperluas jaringan cabang mereka di Kanada tengah dan di seluruh barat.

Untuk menandai kebangkitan mereka sebagai lembaga nasional yang signifikan, Bank Dominion pindah ke gedung kantor pusat baru yang besar di sudut Jalan King dan Yonge di Toronto pada tahun 1879 dan Bank Toronto diikuti dengan kantor pusat tengara lainnya di King and Bay Street pada tahun 1913. 

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini