Sering Olahraga Malam? Perhatikan Hal Ini

Sering Olahraga Malam? Perhatikan Hal Ini Kredit Foto: Antara/FB Anggoro

Olahraga biasanya dilakukan pada pagi hari. Namun, sebagian orang memilih untuk melakukannya di malam hari karena alasan tertentu. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa olahraga di malam hari bisa mengganggu jadwal tidur.

"Adrenalin tinggi, otak mereka aktif, dan sulit untuk mereda," jata Stuart Quan, MD, profesor kedokteran tidur Gerald E. McGinnis di Harvard Medical School dan pemimpin redaksi UnderstandingSleep.org, Selasa, (21/9/2021). 

Baca Juga: Berbahaya! Beberapa Tanda Ini Tidak Boleh Diabaikan Penderita Diabetes Tipe 2

Menurut penelitian terbaru, ini belum tentu benar. Pada dasarnya, kamu boleh berolahraga atau melakukan latihan fisik di pagi maupun malam hari. Kamu hanya perlu melakukannya dengan bijak.

Penting untuk memilih aktivitas dan waktu yang tepat. Jika kamu ingin berolahraga di malam hari, sebaiknya lakukan aktivitas ringan hingga sedang. Tingkat aktivitas ini dapat membantu kamu tertidur lebih cepat dan mendapatkan kualitas tidur yang lebih baik.

Selain itu, udara malam mengandung oksigen yang lebih sedikit ketimbang pagi jadi kamu akan mudah kelelahan. Tubuh yang lelah beraktivitas seharian juga bisa membuat daya tahan tubuh melemah sehingga kamu mudah terserang penyakit.

Oleh sebab itu, kamu disarankan melakukan olahraga dengan intensitas ringan atau sedang sehingga tidak mengganggu pernapasan dan daya tahan tubuh. 

Baca Juga: Penelitian Mengungkapkan Vaksin Covid-19 Manjur pada Pasien Kanker

Beberapa jenis olahraga intensitas ringan hingga sedang yang bisa kamu lakukan di malam hari, dilansir Healthline: 

  • Yoga.
  • Peregangan sedang.
  • Berjalan kaki.
  • Berenang santai.
  • Bersepeda santai.
  • Angkat besi ringan hingga sedang.

Penting juga untuk tidak melakukan olahraga pada larut malam atau mendekati waktu tidur. Pasalnya, pada malam hari, jam biologis tubuh akan mengingatkan untuk tidur. Apabila kamu memaksa untuk berolahraga, maka ini bisa membuat jam biologis berantakan dan berdampak pada kesehatan. 

Disarankan untuk menyelesaikan olahraga setidaknya satu jam sebelum tidur. Usahakan untuk menyelesaikannya setidaknya 90 menit sebelum tidur. Jangan lupa untuk melakukan pendinginan, peregangan. Ini akan memberi tubuh membuat endorfin dan suhu tubuh inti untuk kembali ke tingkat yang memudahkanmu untuk tidur. 

Baca Juga: Berisiko Memicu Diabetes, Kurangi Makanan Manis Tinggi Gula dengan Melakukan 5 Cara Sederhana Ini

“Asal dilakukan dengan benar dan intensitasnya sesuai dengan kapasitas tubuh kita. Tubuh akan dehidrasi dan kita jadi sulit tidur apabila olahraganya berlebihan,” kata Dr. Michael Triangto, SpKO.

Jadi, bisa dikatakan bahwa waktu terbaik untuk berolahraga adalah kapan pun kamu bisa, dan konsisten menjalaninya.[]

Lihat Sumber Artikel di Akurat Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Akurat. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Akurat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini