Ngeri! Ini Dampak Kesehatan Turunan yang Parah Akibat Diabetes

Ngeri! Ini Dampak Kesehatan Turunan yang Parah Akibat Diabetes Kredit Foto: Pexels/Nataliya Vaitkevich

Pertama, apapun yang namanya penyakit adalah berbahaya bagi tubuh. Tetapi seringkali orang lupa diri dan menggangap bahwa ‘tinggal ke dokter, beli obat, dsj”. Benar di kehidupan modern saat ini dan ditopang kemajuan ilmu kedokteran banyak penangan penyakit bisa dilakukan, namun bukan berarti menjadikan Anda bebas begitu saja dan tiak menerapkan pola hidup sehat.

Baca Juga: Luka pada Tubuh Penderita Diabetes Kerap Menimbulkan Bau, Bagaimana Cara Mengatasinya?

Sebut saja diabetes yang sampai saat ini belum ada obatnya dan dinyatakan tidak bisa sembuh atau hilang dari tubuh. Meski ada kondisi yang disebut remisi yang merujuk pada tidak ditimbulkannya gejala diabetes oleh penderita dalam jangka waktu yang lama, namun dokter tetap tidak akan ‘mencabut’ status diabetes pada diri seseorang.

Sebenarnya seberapa bahaya penyakit diabetes?

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Mengutip laman kesehatan Healthline, Jika Anda menderita diabetes, pankreas Anda menghasilkan terlalu sedikit insulin atau tidak sama sekali.

Insulin tidak dapat digunakan secara efektif. Ini memungkinkan kadar glukosa darah meningkat sementara sel-sel Anda kekurangan energi yang sangat dibutuhkan. Hal ini dapat menyebabkan berbagai masalah yang mempengaruhi hampir setiap sistem tubuh utama.

Melansir laman miskawaanhealth.com berikut beberapa dampak turunan kesehatan lainnya yang disebabkan diabetes.

Masalah Kardiovaskular

Baca Juga: Berbahaya! Beberapa Tanda Ini Tidak Boleh Diabaikan Penderita Diabetes Tipe 2

Individu dengan diabetes dua kali lebih mungkin untuk menderita masalah jantung dan sirkulasi. Ini bisa termasuk kerusakan pada pembuluh darah yang menyebabkan kram kaki dan hilangnya sensasi.

Kerusakan mata

Jika seseorang menderita diabetes, mereka juga lebih mungkin mengembangkan kondisi mata seperti glaukoma dan katarak. Kondisi yang kurang umum yang mempengaruhi pembuluh darah kecil di mata, yang disebut retinopati diabetik, juga lebih mungkin terjadi pada mereka yang menderita diabetes.

Kerusakan saraf

Seiring dengan masalah kardiovaskular, diabetes dapat menyebabkan kerusakan saraf di ekstremitas, terutama jari kaki dan jari tangan. Saraf yang melayani organ dalam juga dapat terpengaruh sehingga menyebabkan masalah pencernaan dan masalah fungsi seksual.

Gagal ginjal

Orang yang memiliki diabetes yang tidak terkontrol juga lebih rentan terhadap masalah dengan ginjal mereka. Penyakit ini sekarang menjadi penyebab utama gagal ginjal pada orang dewasa AS saat ini.

Penyakit gusi

Seseorang dengan diabetes berada pada risiko lebih tinggi terkena penyakit gusi sehingga penting untuk memiliki rezim kebersihan yang baik dan mengunjungi dokter gigi secara teratur jika didiagnosis.

Baca Juga: Bagaimana Tanda Luka Penderita Diabetes Akan Sembuh? Yuk Kenali 4 Tahap Penyembuhan Luka

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini