Tanpa Megawati-PDIP, Ganjar Pranowo Tidak Ada Apa-apanya

Tanpa Megawati-PDIP, Ganjar Pranowo Tidak Ada Apa-apanya Kredit Foto: GenPI

Peneliti Utama Indonesia Political Opinion (IPO) Catur Nugroho menanggapi peluang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bila pisah dengan PDIP.

Menurut dia, hal itu kecil kemungkinannya terjadi lantaran jasa PDIP cukup besar bagi karier politik Ganjar. "Saya tidak yakin Ganjar berani meninggalkan PDIP karena melihat perjalanan karier politiknya yang sejak awal sudah bersama Megawati," ungkap Catur melansir GenPI.co, Kamis (23/9).

Baca Juga: Relawan Ganjar Pranowo Angkat Suara Soal Sanksi PDIP, Telak!

Catur menjelaskan, Ganjar Pranowo bisa sukses karena campur tangan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri. Oleh karena itu, menurutnya, akan sulit bagi Ganjar meninggalkan PDIP, atau bahkan mengkhianati Megawati.

"Berat bagi Ganjar membelot dari partai yang telah membesarkan namanya itu, apalagi kepada Megawati," jelasnya.

Dengan demikian, Catur tetap merasa bahwa Ganjar Pranowo tetap membutuhkan PDIP untuk melenggang pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sementara itu, Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah Putra menilai PDIP memiliki jumlah pendukung yang solid. Keadaan itu, kata Dedi, bahkan bisa menjadi titik balik bagi Ganjar bila ingin maju pada Pilpres mendatang.

"Pendukung PDIP ini solid. Jadi, tanpa PDIP, Ganjar mungkin bisa tidak ada apa-apanya," kata Dedi

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini