Politikus PDIP Bocorkan Surat Presiden Soal Calon Panglima TNI

Politikus PDIP Bocorkan Surat Presiden Soal Calon Panglima TNI Kredit Foto: GenPI

Politikus PDIP, TB Hasanuddin, membocorkan Surat Presiden (Surpres) soal calon Panglima TNI yang akan diserahkan ke DPR usai pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Dia mengatakan, hingga saat ini Komisi I DPR RI belum menerima Surpres terkait calon Panglima TNI.

"Panglima TNI ditunjuk menjadi penanggung jawab pengamanan PON XX di Papua, maka diperkirakan Surat Presiden bisa jadi setelah pelaksanaan PON," kata TB. Hasanuddin di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (23/9).

Baca Juga: Anies Baswedan Mau Tetap Adakan Formula E? PDIP: Boleh, Asal...

Anggota DPR Fraksi PDIP ini menilai, tidak masalah apabila Surpres calon Panglima TNI keluar setelah pelaksanaan PON XX.

TB. Hasanuddin mengatakan, DPR RI melaksanakan reses pada tanggal 8 Oktober sampai 7 November sehingga tanggal 8-29 November 2021 bisa dilakukan uji kelayakan calon Panglima TNI.

"Dari tanggal 8-29 November 2021 adalah waktu untuk melakukan uji kelayakan. Jadi masih memenuhi syarat," ujarnya.

Menurut dia, serah terima jabatan Panglima TNI bisa dilakukan pada pekan kedua atau ketiga bulan November 2021 karena Marsekal Hadi Tjahjanto pensiun pada 1 Desember 2021.

Saat ini, dua nama kuat menjadi kandidat calon Panglima TNI adalah Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Andika Perkasa dan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini