UU Baru Disahkan, Berani Mengemis Akan Didenda Rp379 Juta!

UU Baru Disahkan, Berani Mengemis Akan Didenda Rp379 Juta! Kredit Foto: (Foto: Sputnik)

Siapapun yang melakukan praktik mengemis di Arab Saudi akan didenda sebesar 100 ribu riyal atau Rp 379 juta dan penjara satu tahun.

Hukuman dan denda ini berdasarkan Undang-Undang Anti-Mengemis yang baru, yang telah disetujui oleh Dewan Menteri.

Pasal kelima undang-undang mengatur hukuman bagi mereka yang melakukan pengemis. Termasuk mereka yang terlibat dalam mengemis atau mengelola pengemis atau terlibat dalam mendorong dan membantu kelompok pengemis terorganisasi akan dihukum penjara dan denda.

"Mereka yang terlibat dalam mendorong dan membantu siapa pun yang terlibat dalam mengemis akan dihukum penjara maksimal enam bulan atau denda tidak lebih dari SR50.000 atau keduanya," bunyi UU tersebut dilansir dari Saudi Gazette, Kamis (23/9).

Dalam UU juga disebutkan, untuk mendeportasi pengemis non-Saudi setelah menjalani hukuman penjara dan pembayaran denda dan dia tidak akan diizinkan kembali ke Kerajaan untuk bekerja. Akan ada pengecualian dari deportasi bagi pengemis non-Saudi yang merupakan suami atau anak dari wanita Arab Saudi.

Menurut hukum, seorang pengemis akan dihukum jika dia ditangkap karena melakukan pengemis untuk kedua kalinya atau lebih. Undang-undang menetapkan bahwa Kementerian Dalam Negeri, yang merupakan otoritas yang ditunjuk untuk menangkap pengemis tersebut.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini