DPR Amerika Restui Pendanaan 1 Miliar Dolar buat Sistem Iron Dome, Israel Kegirangan

DPR Amerika Restui Pendanaan 1 Miliar Dolar buat Sistem Iron Dome, Israel Kegirangan Kredit Foto: Getty Image/AFP

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat telah menyetujui $1 miliar dalam pendanaan tambahan untuk sistem pertahanan rudal Iron Dome Israel.

Para legislator, melansir Al Jazeera, meloloskan RUU tersebut dengan suara 420 berbanding sembilan pada Kamis (23/9/2021), membuka jalan bagi peningkatan yang signifikan dalam dukungan AS untuk sistem tersebut.

Baca Juga: DPR Ketok Palu Sahkan Dana Bantuan US$6 Miliar untuk Pengungsi Afghanistan

RUU itu sekarang akan dibawa ke Senat, di mana RUU itu diharapkan disahkan dengan mudah sebelum ditandatangani menjadi undang-undang oleh Presiden Joe Biden, yang telah memberi isyarat dukungan untuk bantuan tambahan.

Langkah itu dilakukan di tengah perdebatan yang semakin intensif tentang dukungan AS untuk Israel dan karena semakin banyak suara progresif di Kongres yang meminta Biden untuk mengkondisikan bantuan AS ke Israel dalam catatan hak asasi manusia negara itu.

Awal pekan ini, penyertaan – dan pengecualian selanjutnya – pendanaan Iron Dome dari RUU yang berbeda menciptakan kegemparan di Washington.

Ketentuan $ 1 miliar pertama kali muncul pada Selasa pagi dalam usulan undang-undang Dewan Perwakilan Rakyat yang bertujuan menyediakan dana darurat jangka pendek bagi pemerintah AS untuk menghindari penutupan. Tetapi pada sore hari, itu telah dihapus tanpa penjelasan.

Sementara berbagai media AS telah melaporkan bahwa anggota parlemen progresif bertanggung jawab untuk mengecualikan pendanaan untuk Israel dari RUU hari Selasa, tidak ada legislator yang mengambil kredit untuk langkah tersebut.

Lara Friedman, presiden Foundation for Middle East Peace (FMEP), mengatakan itu "aneh" untuk memasukkan $1 miliar bantuan untuk Israel dalam RUU generik yang dirancang untuk mendanai pemerintah AS untuk "tetap menyala".

Para pemimpin Demokrat, katanya, ingin “menghindari” diskusi dan perdebatan yang datang dengan proses legislatif yang khas dengan memasukkan bantuan untuk Israel dalam RUU pendanaan jangka pendek.

“Itu menurut saya sebagai gol bunuh diri yang luar biasa oleh kepemimpinan karena jika mereka entah bagaimana berpikir bahwa ini akan mencegah anggota berbicara dan membiarkan mereka melewati ini tanpa kontroversi, mereka salah,” kata Friedman kepada Al Jazeera awal pekan ini.

Meskipun $1 miliar adalah tambahan untuk dana AS yang biasa untuk Iron Dome, Partai Republik dan Demokrat pro-Israel menyatakan kemarahannya pada akhirnya menjatuhkan ketentuan tersebut.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini