Setiap Tahun, Israel Terima Dana Segar untuk Militer dari Amerika, Jumlahnya Fantastis!

Setiap Tahun, Israel Terima Dana Segar untuk Militer dari Amerika, Jumlahnya Fantastis! Kredit Foto: Rawpixel

Israel menerima $3,8 miliar dalam bantuan militer AS setiap tahun, yang dikodifikasikan melalui nota kesepahaman (MoU) 10 tahun yang ditandatangani oleh Presiden Barack Obama pada 2016. Dari jumlah itu, 500 juta digunakan untuk pertahanan rudal setiap tahun.

Dana bantuan, melansir Al Jazeera, yang jumlahnya fantastis untuk Israel mencuat setelah DPR AS pada Kamis (23/9/2021) menyetujui $1 miliar untuk Iron Dome Israel. Pendukung dana tambahan mengatakan itu bertujuan untuk "mengisi ulang" baterai Iron Dome setelah pertempuran baru-baru ini di Gaza. Tetapi angka yang disetujui oleh DPR merupakan peningkatan yang signifikan dari dana AS untuk program tersebut.

Baca Juga: DPR Amerika Restui Pendanaan 1 Miliar Dolar buat Sistem Iron Dome Israel

RUU yang disetujui DPR pada Kamis mengatakan “dana akan disediakan untuk memenuhi persyaratan darurat dalam mendukung Operasi Penjaga Tembok”, mengacu pada serangan Israel di Gaza yang berakhir beberapa bulan lalu.

Tahun lalu, Kongres memberikan $73 juta khusus untuk Iron Dome, salah satu dari beberapa program pertahanan rudal.

“Sistem pertahanan rudal (yaitu Iron Dome) melindungi warga sipil dari rudal. Maka nama. Hanya di alam semesta yang terbalik secara moral, ini akan dianggap sebagai 'kontroversi'," Ritchie Torres, seorang Demokrat periode pertama dari New York, menulis di Twitter pada Selasa.

Senator Republik Lindsey Graham menyebut langkah awal untuk menghapus dana Israel dari RUU DPR yang lebih luas "tercela".

“Saya berharap orang-orang Amerika memperhatikan dan memahami bahwa pendanaan untuk sistem pertahanan rudal Iron Dome sangat penting untuk kelangsungan hidup Negara Israel, sekutu Amerika yang paling dapat diandalkan di wilayah yang bermasalah dan berbahaya,” tweet Graham pada hari Selasa.

Tampaknya ada banyak kebingungan seputar sifat bantuan itu. Banyak anggota parlemen mempresentasikan penghapusan ketentuan tentang pendanaan Iron Dome pada hari Selasa sebagai akhir dari bantuan AS untuk program pertahanan rudal.

Pada kenyataannya, bantuan rutin Iron Dome sebesar $108 juta tahun ini, bagian dari bantuan tahunan yang diamanatkan MoU, termasuk dalam RUU alokasi pertahanan yang sedang diperdebatkan hampir bersamaan dengan resolusi hari Selasa.

MoU mengatakan bahwa Israel mungkin tidak mencari dana tambahan untuk pertahanan rudal dari AS di luar alokasi $ 500 juta "kecuali dalam keadaan luar biasa".

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini