Penderita Diabetes Wajib Baca! Ternyata 7 Hal Ini Tanpa Disadari Memengaruhi Kadar Gula Darah

Penderita Diabetes Wajib Baca! Ternyata 7 Hal Ini Tanpa Disadari Memengaruhi Kadar Gula Darah Kredit Foto: Unsplash/Nik Shuliahin

Menjaga kadar gula darah adalah hal mutlak yang harus dilakukan penderita diabetes. Mulai dari menjaga asupan makan, berolahraga, dll yang bisa menjaga kadar gula darah. Terkadang meski sudah menjaga aturan atau pola tersebut, kadar gula darah masih bisa dalam taraf tidak normal (rendah atau tinggi).

Hal tersebut bisa terjadi karena mungkin ada hal-hal yang dilakukan atau terjadi pada tubuh namun tidak disadari memengaruhi kadar gula darah.

Baca Juga: Penderita Diabetes Boleh Makan Sate? Ternyata Mengonsumsi Daging…

Berikut beberapa hal dan kondisi yang jarang disadari bisa memengaruhi kadar gula darah dalam tubuh, sebagaimana kami lansir dari laman kesehatan Healthline.

Sakit

Saat Anda sakit, tubuh Anda melepaskan hormon yang meningkatkan gula darah Anda.

Meskipun Anda mungkin tidak merasakannya saat ini, pastikan untuk menguji gula darah Anda untuk memahami tren ini.

Penting juga untuk memiliki rencana dengan dokter Anda tentang apa yang harus dilakukan ketika Anda sakit, dan bagaimana Anda dapat mengelola gula darah saat Anda sembuh.

Stres

Pernah melihat peningkatan gula darah saat Anda stres? Itu karena stres memicu respons melawan-atau-lari tubuh Anda, dan dapat melepaskan hormon yang menyebabkan peningkatan gula darah.

Baca Juga: Penting! Ini Tips Menyampaikan Kondisi Diabetes kepada Anak-anak

Ketika Anda mengalami stres tambahan, seperti beban kerja yang lebih besar atau masalah keluarga, penting untuk mencari cara untuk menghilangkan stres itu untuk membantu keseimbangan glukosa darah Anda.

Kurang tidur

Istirahat malam yang baik penting bagi kita semua, tetapi harus menjadi prioritas utama bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Tidur membantu tubuh kita mengatur ulang dan mengatur hormon. Kurang tidur dapat mengakibatkan mengkonsumsi lebih banyak makanan untuk energi, sehingga menyebabkan kenaikan gula darah.

Waktu makan dan obat-obatan

Apakah Anda mengatur waktu makanan dan obat-obatan Anda dengan benar? Waktu pengobatan yang tepat adalah salah satu cara yang bagus untuk menjaga gula darah Anda dalam jangkauan.

Jika Anda minum obat terlalu cepat, Anda mungkin mengalami hipoglikemia. Jika Anda meminumnya terlambat, Anda mungkin melihat lonjakan gula darah.

Tetap di atas obat terjadwal Anda adalah cara yang bermanfaat untuk memastikan gula darah Anda berada dalam kisaran.

Kafein

Apakah Anda suka secangkir kopi pagi itu? Bisa jadi kafein adalah penyebab di balik lonjakan gula darah pagi hari.

Meskipun setiap orang berbeda-beda, jika Anda bertanya-tanya tentang rasa tinggi yang terus-menerus dan mengonsumsi kafein sebagai bagian dari rutinitas Anda, pertimbangkan untuk mengurangi konsumsi kafein Anda.

Fenomena fajar

Fenomena fajar terjadi biasanya di pagi hari sebelum sarapan dan terjadi ketika tubuh Anda tidak melepaskan cukup insulin untuk menyamai kenaikan gula darah di pagi hari.

Banyak penderita diabetes mengalami gula darah puasa lebih tinggi dari perkiraan karena fenomena fajar.

Jika Anda melihat gula darah tinggi di pagi hari, tetapi gula darah Anda setelah makan malam dan sebelum tidur normal, ada baiknya untuk berbicara dengan dokter Anda.

Insulin

Insulin digunakan pada penderita diabetes untuk menurunkan gula darah, tetapi bagaimana jika Anda menggunakan insulin dan Anda menyadari bahwa gula darah Anda tidak tepat sasaran?

Maka penting untuk memeriksa cara penggunaan insulin Anda agar sesuai dengan arahan tenaga kesehatan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini