Penting Dipahami Penderita Diabetes, Apa Itu Indeks Glikemik?

Penting Dipahami Penderita Diabetes, Apa Itu Indeks Glikemik? Kredit Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Banyaknya istilah-istilah berkaitan dengan diabetes terkadang sukar dipahami masyarakat umum. Padahal dengan mengetahui istilah-istilah tersebut dapat membantu orang di sekitar yang memang memiliki kondisi diabetes apabila ada tindakan darurat yag harus segara dilakukan.

Indeks Glikemik sering kali muncul bersamaan dengan pembahasan soal diabetes. Pada kenyataannya, istilah ini wajib dipahami penderita diabetes karena berkaitan dengan dampak kondisi tubuh. Sebenarnya apa itu Indeks Glikemik?

Baca Juga: Penting! Ini Tips Menyampaikan Kondisi Diabetes kepada Anak-anak

Melansir laman kesehatan Healthline, Indeks glikemik (GI) adalah salah satu alat nutrisi yang dapat Anda gunakan untuk membantu menilai kualitas karbohidrat yang Anda makan.

Indeks glikemik mengukur seberapa cepat karbohidrat dalam makanan tertentu memengaruhi gula darah Anda.

Makanan dinilai rendah, sedang, atau tinggi pada indeks glikemik, tergantung pada seberapa cepat mereka meningkatkan kadar gula darah Anda.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Dengan memilih makanan indeks glikemik rendah, Anda dapat meminimalkan peningkatan dramatis dalam gula darah Anda.

Selain itu, jika Anda makan makanan dengan indeks glikemik tinggi, Anda dapat mengasumsikan bahwa itu akan meningkatkan gula darah Anda secara lebih signifikan. Ini juga dapat menyebabkan pembacaan gula darah pasca makan yang lebih tinggi.

Banyak faktor yang dapat mengubah indeks glikemik suatu makanan. Faktor-faktor ini termasuk komposisinya dan bagaimana makanan dimasak. Indeks glikemik makanan juga berubah ketika makanan dicampur bersama.

Baca Juga: Penderita Diabetes Boleh Makan Sate? Ternyata Mengonsumsi Daging…

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini