Apa Itu Produksi Massal?

Apa Itu Produksi Massal? Kredit Foto: Agus Aryanto

Produksi massal adalah pembuatan produk dalam jumlah besar menggunakan teknologi otomasi. Produksi massal memfasilitasi produksi yang efisien dari sejumlah besar produk serupa. Sebagai contoh pabrik mi instan yang tiap harinya membuat ratusan hingga ribuan bungkus mi instan dengan bentuk, kemasan, rasa, dan kualitas yang sama.

Peralatan mesin presisi telah memudahkan permintaan skala besar untuk produk yang diproduksi secara massal dan dibuat dengan harga murah dengan tenaga kerja kecil.

Baca Juga: Apa Itu Produk Nasional Neto?

Produksi massal memiliki banyak keuntungan. Jika produksi dipantau secara ketat, maka produksi massal dapat menghasilkan tingkat presisi yang tinggi karena mesin lini produksi memiliki parameter yang telah ditentukan. Produksi massal juga menghasilkan biaya yang lebih rendah karena proses produksi jalur perakitan otomatis membutuhkan lebih sedikit pekerja.

Selain itu, produksi massal dapat menciptakan tingkat efisiensi yang lebih tinggi karena barang-barang yang diproduksi dapat dirakit lebih cepat melalui mesin.

Namun, tidak semua hal tentang produksi massal bermanfaat. Memiliki mesin canggih dan otomatis membutuhkan investasi waktu dan sumber daya yang signifikan di awal. Jika ada kesalahan dalam desain produksi, investasi waktu dan uang yang ekstensif diperlukan untuk mendesain ulang dan membangun kembali proses produksi massal.

Revisi proses produksi massal juga diperlukan untuk alasan selain kesalahan. Misalnya, jika perusahaan farmasi memiliki mesin yang komprehensif untuk produksi obat populer, akan memakan waktu dan mahal bagi mereka untuk jika Badan Pengawasan Obat dan Memakanan (BPOM) meminta mengubah standar.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini