Ternyata Oh Ternyata, Bahaya Mikroplastik di Galon Guna Ulang Lebih Tinggi

Ternyata Oh Ternyata, Bahaya Mikroplastik di Galon Guna Ulang Lebih Tinggi Kredit Foto: Istimewa

Kandungan Mikroplastik galon isi ulang atau galon guna ulang berbahan polycarbonate (PC) jauh lebih besar dan berbahaya dibandingkan dengan kemasan plastik lainnya. Pemicunya karena digunakan berulang kali, sehingga mikroplastik mengalami peluruhan yang lebih besar. 

Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Laboratorium Kimia Universitas Indonesia, Agustino Zulys bahwa kandungan mikroplastik galon guna ulang lebih besar dibandingkan galon plastik polyethylene terephthalate (PET) dalam Konferensi Pers bertajuk 'Ancaman Kontaminasi Mikroplastik dalam Galon Sekali Pakai, yang diselenggarakan oleh Greenpeace, Kamis (23/9).  Baca Juga: Uji Lab Temukan Banyak Mikroplastik di Air Kemasan Galon PET Sekali Pakai

Menurutnya, bahwa kemasan plastik yang digunakan berulang kali jelas mengalami peluruhan mikroplastik yang lebih tinggi. Hal ini berbeda dengan galon berbahan polyethylene terephthalate (PET) yang selalu baru galon dan isinya. 

"Untuk (galon) isi ulang, perlu dicek lagi dan dicek lagi. Namun menurut hipotesis saya, karena isi ulang tentu lebih banyak lagi (mikroplastiknya) proses yang berlangsung lama, proses peluruhan yang cukup lama," tuturnya. Baca Juga: Auto Nyesel Buang Sembarangan! Segini Nilai Ekonomi Sampah Plastik Per Hari!

Menurut Agus, hasil riset menunjukkan bahwa galon PET yang sekali pakai mempunyai material sama dengan amdk botol. Beberapa merk masih menggunakan mikroplastik 11 - 257 mikro meter. Dan yang terpenting Mikroplastik yang digunakan masih dalam batas aman.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini