UMKM Mulai Optimistis Hadapi Pandemi, ini Buktinya...

UMKM Mulai Optimistis Hadapi Pandemi, ini Buktinya... Kredit Foto: Antara/Fakhri Hermansyah

Pertumbuhan kredit UMKM menunjukkan sinyal positif sejak Mei 2021 setelah mengalami kontraksi selama 9 bulan sejak Agustus 2020.

Hal ini tercermin dari pertumbuhan tahunan (yoy) yang positif sebesar 1,57% pada Mei 2021 dan terus bertumbuh positif hingga sebesar 2,70% pada Agustus 2021. Peluang pengembangan UMKM di masa pemulihan saat ini perlu mendapatkan dukungan pembiayaan.

Demikian disampaikan Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono, dalam kegiatan Dialog Kebijakan “Pembiayaan UMKM" sebagai rangkaian dari kegiatan Puncak Karya Kreatif Indonesia tahun 2021 pada hari ini (24/9/2021) secara virtual. Hadir sebagai narasumber kegiatan, Deputi Gubernur BI, Doni P. Joewono, dan Deputi Bidang UKM Kementerian Koperasi dan UKM, Hanung Harimba R. 

"Untuk mendapatkan kemudahan akses pembiayaan, UMKM harus senantiasa konsisten dan berkomitmen dalam menjaga kualitas produknya, kreatif dan inovatif, memanfaatkan teknologi digital, berkolaborasi dengan berbagai pihak terkait, serta mampu secara selektif dan cermat dalam mengakses informasi mengenai akses pembiayaan," kata Doni. Baca Juga: Kabar Gembira! Menkop UKM Tegaskan Bantuan untuk UMKM Terus Berlanjut

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang UKM Kemenkop UKM, Hanung Harimba R, menegaskan pentingnya UMKM untuk memiliki rekam jejak kinerja usaha yang baik untuk mendapatkan akses pembiayaan.

"UMKM diharapkan meningkatkan kemampuannya dalam menyusun laporan keuangan, serta mampu memanfaatkan teknologi digital sehingga rekam jejak digital dari UMKM tersebut pada akhirnya memberi kemudahan dalam penilaian prospek kredit UMKM," pungkasnya.

Senada dengan apa yang disampaikan Deputi Gubernur Doni, Hanung menyampaikan bahwa UMKM juga perlu secara aktif memperoleh informasi mengenai akses pembiayaan, termasuk menggali informasi mengenai program-program pembiayaan Pemerintah.

Puncak KKI 2021 digelar selama 4 hari, sejak 23 September 2021 hingga 26 September 2021. Selain kegiatan dialog kebijakan, Puncak KKI 2021 menampilkan Pagelaran Karya Kreatif, showcasing dan pameran produk UMKM, business coaching, business matching, talk show, webinar aktivasi wastra, wisuda UMKM onboarding, dan pemberian penghargaan UMKM.

Puncak KKI 2021 diikuti oleh 525 UMKM dari seluruh Nusantara, baik dari UMKM binaan Bank Indonesia, Kementerian/Lembaga maupun Pemerintah Daerah. Seluruh kegiatan KKI dan pameran produk UMKM berkualitas prima dapat diakses pada www.karyakreatifindonesia.co.id.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini