IKA Unpad Adakan Gebyar Vaksinasi ke-2 Penyandang Disabilitas di Jabar

IKA Unpad Adakan Gebyar Vaksinasi ke-2 Penyandang Disabilitas di Jabar Kredit Foto: IKA Unpad

Demi terciptanya herd immunity, Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad) konsisten mendukung pelaksanaan vaksinasi Covid-19, khususnya bagi penyandang disabilitas di Jawa Barat. Kepedulian IKA Unpad pada pengutamaan dan kesetaraan hak dalam mendapatkan vaksinasi bagi para penyandang disabilitas diwujudkan dalam program Gebyar Vaksinasi ke-2 bagi Para Penyandang Disabilitas yang dilaksanakan serentak di 20 kota dan kabupaten Jawa Barat, Sabtu (25/9).

Ketua Umum Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran, Irawati Hermawan atau Teh Ira, lewat keterangan tertulisnya, menyatakan bahwa IKA Unpad mengawal pelaksanaan Vaksinasi satu dan dua bagi para penyandang disabilitas.

Baca Juga: Fadel Muhammad Dampingi Menkes Buka Vaksinasi Covid-19 Kedua bagi Masyarakat Pulau Tidung

Gebyar Vaksinasi di Kota Bandung diselenggarakan di dua tempat, yaitu Kodiklat TNI Angkatan Darat dan SLB Negeri Cicendo. Teh Ira berkesempatan mendampingi Letjen AM Putranto, Komandan Kodiklat TNI AD, dalam peninjauan kegiatan vaksinasi di Kodiklat. Turut hadir di Kodiklat TNI AD, yaitu dr. Lia G. Partakusumah (Ketua IKA FK Unpad yang juga Ketua Task Force Vaksinasi IKA Unpad), Dedi Supandi (Ketua Satgas Percepatan Vaksinasi Provinsi Jawa Barat), Pimpinan Wilayah Bank Indonesia, Jajaran Bank Mandiri, Wakil Ketua IKA Unpad Hari Susanto (Komisaris Utama PT MNC Sky Vision Tbk.), serta Ketua Sentra Vaksinasi HIPPINDO.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin hadir secara daring sebagai Keynote Speaker.

Bertempat di SLB Negeri Cicendo, kegiatan yang ber-tagline #SALAM,SayaSudahDivaksin ini dihadiri oleh Staf Khusus Presiden Bidang Sosial Angkie Yudistia, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Jawa Barat (yang juga Wakil Ketua IKA Unpad) Atalia Praratya K., Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Sosial Jawa Barat, dan Kepala Sekolah SLB Cicendo Bapak Wawan S.Pd.

Dalam lawatannya, Angkie Yudistia menyerahkan sertifikat apresiasi pelaksanaan #DisabilitasBISAVaksinasi di Jawa Barat kepada 13 pihak: Gubernur Jawa Barat, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Kota Bandung yang diwakili oleh Wakil Wali Kota Bandung, Ketua Percepatan Vaksinasi COVID-19 Jawa Barat, Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat, Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Kepala Dinas Sosial Jawa Barat, Ketua Umum Ikatan Alumni Universitas Padjadjaran (IKA Unpad), Kodiklat TNI AD, IKA Fak. Kedokteran Unpad, HIPPINDO, dan Bandung Independent Living Center.

Ikatan Keluarga Alumni Universitas Padjadjaran juga menyerahkan apresiasi kepada semua pihak yang turut mendukung suksesnya kegiatan Gebray Vaksinasi Disabilitas IKA Unpad.

Selain berlokasi di Kota Bandung, gelaran Gebyar Vaksinasi juga serentak diadakan di Balé Ramé, Kab. Bandung yang turut dihadiri oleh Sekjen IKA Unpad M.Q. Iswara. Berikut lokasi penyelenggaraan Gebyar Vaksinasi: Kota Bandung, Kab. Bandung, Kab. Garut, Kab Ciamis, Kab. Pangandaran, Kab. Banjar, Kab. Kuningan, Kab. Sumedang, Kota Cimahi, Kab. Karawang, Kota dan Kab. Tasikmalaya, Kota dan Kab. Sukabumi, Kab. Purwakarta, dan Kab. Bogor. Diadakan pula laporan secara langsung melalui Zoom meeting dari tiap tempat pelaksanaan Vaksinasi.

Dalam rangkaian Gebyar Vaksinasi kali ini diadakan pula Talkshow secara daring mengenai serba serbi vaksinasi Covid-19 yang bertajuk "Vaksin Datang, Kita Menang" yang akan dimoderatori oleh Dr. Rizky Andhika, Sp.PD (Staff Dept. Ilmu Penyakit Dalam RSUP Dr. Hasan Sadikin Bandung-FK Unpad). Bertindak sebagai pembicara, yaitu Dr. Lucya Agung Susilawati, MARS (Kepala Bid. Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat), Dr. Rodman Tarigan, SpA(K), M.Kes. (Peneliti Vaksin Covid Pokja KIPI Kota Bandung), dan Leani Ratri Oktila (Peraih Medali Emas Bulu Tangkis Paralimpik  Tokyo 2021).

Selain talkshow, diadakan pula pembagian doorprize untuk lebih menyemarakan gerakan #SALAM,SayaSudahDivaksin. Gebyar Vaksinasi ke-2 Bagi Penyandang Disabilitas ini terselenggara atas kerja sama antara IKA Unpad dengan Bank Indonesia (BI), Bank Mandiri, Bank BJB, Lembaga  Penjamin Simpanan (LPS), HIPPINDO, Bigdonte, MyUnpad, Siloam Hospital, dan Primaya Hospital.

Kegiatan vaksinasi kali ini menggunakan vaksin sinopharm. Para peserta vaksin didampingi oleh keluarga atau guru dari sekolah masing-masing juga penerjemah bahasa isyarat. Disediakan pula ruang observasi dan penerangan terkait KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Pemilihan lokasi oleh IKA Unpad di SLB Negeri Cicendo pun tidak sembarangan. Sekolah ini adalah sekolah tuna rungu-wicara yang pertama se-Indonesia, bahkan se-Asia Tenggara. Didirikan pada 6 Mei 1933 di masa pemerintahan kolonial Belanda, sekolah ini kental nuansa sejarah tempo dulu.

Sebelumnya, IKA Unpad telah sukses melaksanakan kegiatan vaksinasi pencegahan Covid-19 di lingkungan Universitas Padjadjaran pada Maret dan April 2021. Program Vaksinasi ini pun terus dilakukan IKA Unpad sebagai dukungan nyata dalam menyukseskan program Pemerintah Pusat.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini