Makin Nyata Pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres, PDIP Diingatkan Hati-Hati

Makin Nyata Pendukung Ganjar Pranowo di Pilpres, PDIP Diingatkan Hati-Hati Kredit Foto: GenPI

Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Anak Bangsa (LKAB) Rudi S Kamri menyoroti eksistensi pendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Menurutnya, PDIP selaku partai yang menaungi Ganjar bisa melihat peluang ini untuk kembali menang pada pertarungan Pemilu 2024.

Baca Juga: Airlangga-Ganjar untuk Pilpres 2024? Katanya Bisa Jadi Penyejuk bagi Indonesi

"Dukungan dari rakyat kepada Ganjar Pranowo harus disikapi baik oleh PDIP. Sebab, itu merupakan suara rakyat kepada calon pemimpin Indonesia," ucap Rudi beberapa waktu lama, dilansir GenPI.co

Dia menjelaskan, Ganjar Pranowo memang memiliki elektabilitas dan popularitas cukup tinggi untuk menjadi calon presiden 2024. Oleh karena itu, Rudi menilai tidak mengherankan ketika rakyat berharap pilihannya bisa maju di Pilpres mendatang.

"Saya rasa dukungan kepada Ganjar ini langsung dari rakyat, jadi, bukan ditunggangi kepentingan. Suara rakyat juga tidak bisa dijegal oleh PDIP," jelasnya.

Meski pencalonan presiden harus melalui kendaran partai, kata dia, rakyat bisa lebih memengaruhi keterpilihan. Menurutnya, jika pilihan rakyat dipersulit partai, itu bisa menjadi bumerang yang nyata.

"PDIP ini harus hati-hati mengeluarkan sanksi bagi kader pilihan rakyat. Sebab, kalau diberhentikan, rakyat bisa menggugat," imbuhnya.

Rudi menilai, hukuman dari rakyat lebih berbahaya ketika mengetahui partai yang mementingkan pesanan elite. Sebab, dia menduga PDIP sedang berusaha mengangkat calon presiden dari kalangan elite partai.

"Amarah rakyat ini serius ancamannya. Jadi, sebelum itu terjadi, PDIP harusnya bisa belajar dari pengalaman dengan Jokowi," kata dia.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini