Manuver dari Amerika Serikat, Indonesia Bakal Ketiban Hal Ini...

Manuver dari Amerika Serikat, Indonesia Bakal Ketiban Hal Ini... Kredit Foto: GenPI

Amerika Serikat memberikan angin segar, Indonesia dikabarkan akan kedatangan vaksin covid-19 bejibun.

Diketahui, Amerika Serikat berkomitmen menyumbangkan 800.000 dosis vaksin Covid-19 tambahan untuk Indonesia melalui mekanisme global COVAX.

Baca Juga: Menteri BUMN Tinjau Vaksinasi Massal Kadin di Kampus Unpab Medan

Hal tersebut diungkapkan secara langsung oleh Menteri Luar Negeri Indonesia, Retno Marsudi.

“Ada komitmen baru menambah vaksin 800.000 dosis melalui COVAX Facility dan dalam waktu dekat akan tiba di Indonesia,” ucap Retno.

Dengan tambahan tersebut, maka sudah ada 12.665.060 dosis vaksin yang sebelumnya telah diterima Indonesia dari Amerika Serikat.

Tambahan dosis vaksin itu merupakan bagian dari pernyataan Presiden Amerika Serikat, Joe Biden, dalam KTT Global Covid-19 yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (22/9) lalu.

Dalam acara tersebut, Biden mengungkapkan bahwa Amerika Serikat akan menyumbangkan tambahan 500 juta dosis vaksin Pfizer-BioNTech.

Nantinya, sumbangan tambahan 500 juta dosis vaksin itu akan dikirim ke negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah di seluruh dunia.

Komitmen tersebut mengubah jumlah total vaksin yang disumbangkan oleh Amerika Serikat menjadi lebih dari 1,1 miliar dosis.

Hingga saat ini, Amerika Serikat telah mengirimkan hampir 160 juta dosis vaksin Covid-19 ke 100 negara secara gratis dan tanpa syarat, dengan pengiriman jutaan dosis setiap harinya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini