Catat! Gula dalam Buah dan Pemanis Alami Tidak Menghasilkan Efek yang Sama pada Kasus Diabetes

Catat! Gula dalam Buah dan Pemanis Alami Tidak Menghasilkan Efek yang Sama pada Kasus Diabetes Kredit Foto: Unsplash/Heather Ford

Tambahan gula pada masakan dan minuman memang terbukti memicu lonjakan gula darah pada tubuh yang bisa memperburuk kondisi diabetes seseorang.

Atas dasar itu, banyak penderita diabetes yang memilih untuk meninggalkan makanan dan minuman yang cenderung manis karena takut akan kadungan gula di dalamnya, termasuk pada buah dan pemanis alami lainnya.

Baca Juga: Akibat Pandemi, dalam 3 Bulan Terakhir Hampir 200.000 Anak Dirujuk ke Layanan Kesehatan Mental

Sebenarnya apakah gula alami yang ada dalam buah dan pemanis alami lainnya berdampak serupa dengan gula buatan lainnya? Apakah hal ini berdampak sama pada penderita diabetes?

Melansir laman kesehatan Healthline, Sementara makan gula tambahan dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan diabetes, hal yang sama tidak berlaku untuk gula alami.

Gula alami adalah gula yang ada dalam buah dan sayuran dan belum ditambahkan selama pembuatan atau pemrosesan.

Buah-buahan dan sayuran juga cenderung mengandung gula yang jauh lebih sedikit dibandingkan dengan banyak makanan olahan, sehingga lebih mudah untuk mengontrol konsumsi Anda.

Misalnya, buah persik memiliki sekitar 8% gula menurut beratnya, sedangkan sebatang Snickers mengandung 50% gula menurut beratnya.

Baca Juga: Duh… Varian Covid-19 Semakin Mudah Menyebar, Lebih Airborne?

Sementara penelitian dicampur, beberapa penelitian telah menemukan bahwa makan setidaknya satu porsi buah per hari mengurangi risiko diabetes sebesar 7-13% dibandingkan dengan tidak makan buah.

Bagaimana Dengan Jus Buah?

Beberapa penelitian telah menemukan hubungan antara minum jus buah dan diabetes, mungkin karena gula tinggi jus dan kandungan serat yang rendah.

Namun, tidak semua penelitian mereplikasi hasil ini, sehingga diperlukan lebih banyak penelitian.

Bagaimana dengan Pemanis Alami?

Meskipun beberapa pemanis alami, seperti madu dan sirup maple, umumnya tidak diproses sebanyak gula meja atau sirup jagung, mereka masih merupakan sumber gula yang relatif murni dan hampir tidak mengandung serat.

Banyak pemanis lain, yang dipasarkan sebagai "alami", juga harus dipertimbangkan sebagai tambahan gula. Ini termasuk sirup agave, gula kelapa dan gula tebu, untuk beberapa nama.

Oleh karena itu, mereka harus dikonsumsi dalam jumlah sedang seperti semua gula tambahan, idealnya menghasilkan kurang dari 10% kalori harian Anda.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini