Luhut Ungkap Ambisi Besar Indonesia pada 2045

Luhut Ungkap Ambisi Besar Indonesia pada 2045 Kredit Foto: GenPI

Menteri Koordinasi Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa Indonesia menghadapi tantangan yang besar pascapandemi Covid-19.

Terutama, dalam mewujudkan visi 100 tahun Indonesia merdeka pada 2045. Hal itu disampaikan dalam Forum Mahasiswa S3 Indonesia di Prancis (JDI) 2021, Sabtu (25/9).

Baca Juga: Luhut Sampaikan Kabar Buruk, Ada Bahaya Besar Mengancam

"Kita beruntung bahwa selama tujuh tahun terakhir ini, kita bisa fokus untuk mewujudkan itu, walaupun sempat terhambat oleh pandemi selama dua tahun ini," ujarnya.

Luhut memaparkan bahwa Indonesia berambisi untuk menjadi salah satu negara dengan pendapatan tinggi sebelum 2045. Namun, hal itu diakui Luhut harus dilakukan dengan upaya yang tinggi juga.

"Sebelum pandemi, Indonesia masih tumbuh rata-rata 5,7 persen dan ditargetkan akan tumbuh terus dan mencapai target pada 2036," paparnya.

Pandemi Covid-19 membuat Indonesia harus bisa tumbuh perekonomiannya dengan lebih tinggi daripada sebelumnya. "Rata-rata harus tumbuh 6 persen untuk setidaknya bisa masuk negara berpendapatan tinggi pada 2041," ungkapnya.

Luhut mengaku bahwa target tersebut membuat pihaknya terus bekerja keras untuk merealisasikan tujuan itu.

"Kami juga terus menaruh perhatian pada isu perubahan iklim. Kita punya target zero emission dengan lebih cepat. Semua bisa dilakukan secara teknis kalau kita semua mau," tuturnya.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini