Seberapa Penting Konsumsi Air Putih untuk Penderita Diabetes?

Seberapa Penting Konsumsi Air Putih untuk Penderita Diabetes? Kredit Foto: Unsplash/Engin Akyurt

Ketika memulai pembahasan topik mengenai diabetes, pembahasan biasanya tidak akan jauh dari kadar gula darah, insulin, dsj. Padahal lebih dari itu, banyak sekali aspek lainnya yang berkaitan dengan kondisi diabetes. Sebut saja dampak dari konsumsi air putih bagi kondisi diabetes.

Air putih yang notabene air murni biasa, seringkali dianggap tidak memiliki dampak pada kondisi kronis diabetes. Lantas apa saja dampak air putih untuk kondisi diabetes? Adakah manfaat besar yang ada di dalamnya? Berikut informasinya untuk Anda yang kami lansir dari laman diabetesstrong.com.

Baca Juga: Catat! Gula dalam Buah dan Pemanis Alami Tidak Menghasilkan Efek yang Sama pada Kasus Diabetes

Sederhananya, ketika Anda tidak minum cukup air, glukosa dalam aliran darah Anda menjadi lebih terkonsentrasi. Kondisi itu menyebabkan kadar gula darah lebih tinggi. Dehidrasi ringan dan berat dapat memiliki dampak penting pada diabetes Anda.

Saat tingkat dehidrasi ringan, sesuatu yang mungkin tidak Anda rasakan terkait diabetes adalah dapat dengan mudah membuat kadar gula darah Anda 50 hingga 100 mg/dL yang mana lebih tinggi daripada jika Anda minum cukup air.

Jika Anda secara konsisten mengalami dehidrasi setiap hari, Anda mungkin mengkompensasi dengan kadar insulin yang lebih tinggi daripada yang Anda perlukan jika tubuh Anda mendapatkan air yang dibutuhkan.

Baca Juga: Apa Benar Gula Menjadi Penyebab Utama Diabetes? Ternyata…

Tingkat dehidrasi yang lebih parah, di sisi lain, dapat mendorong gula darah sangat tinggi dengan sangat cepat. Misalnya, muntah berulang karena keracunan makanan atau virus perut dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi secara tiba-tiba. Tetapi setelah infus cairan di ruang gawat darurat, Anda mungkin akan melihat gula darah Anda turun dengan cepat menuju tingkat normal tanpa insulin tambahan.

Ini adalah masalah sederhana dari dehidrasi parah yang menyebabkan glukosa dalam aliran darah Anda menjadi sangat terkonsentrasi, dan kemudian dengan cepat mengencerkannya dengan banyak cairan.

Baca Juga: Sedih! Dokter Ini Sampaikan Curahan Hati Selama Bertugas Menangani Pasien di Masa Pandemi

Itu dia, jadi pastikan Anda mendapat konsumsi air yang mencukupi kebutuhan agar kondisi kronis seperti diabetes tidak bertambah parah.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini