Dikuliti Pengamat, Pertemuan Biden dan Jokowi Ada Maksud Lain

Dikuliti Pengamat, Pertemuan Biden dan Jokowi Ada Maksud Lain Kredit Foto: GenPI

Direktur Rumah Politik Indonesia Fernando EMaS merespons soal undangan Presiden Amerika Serikat Joe Biden terhadap Presiden Indonesia Joko Widodo.

Fernando mengatakan, ini artinya Jokowi dianggap mampu mengendalikan covid-19 di Indonesia.

Baca Juga: Jokowi Tak Gubris Ultimatum BEM SI, Akhirnya Ratusan Mahasiswa Demo

"Ajakan Biden untuk mengatasi masalah pandemi covid-19 merupakan penghargaan terhadap Jokowi," kata Fernando kepada GenPI.co, Senin (27/9).

Selain itu Fernando menduga ada maksud lain yang sedang diincar Biden.

Menurutnya, Amerika sedang ingin hubungannya dengan Indonesia berjalan maksimal, terutama di bidang ekonomi. Sebab, Biden mungkin melihat gelagat China yang mulai mendekat ke Indonesia.

"Biden ingin mempertahakankan kejayaan mereka sebelumnya yang dapat mengendalikan perekonomian dan politik dunia," katanya.

Seperti diketahui, Jokowi mendapat undangan untuk diskusi soal penanganan covid-19 secara global di sela-sela sidang umum PBB.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut, ada tiga poin yang disampaikan Jokowi dalam diskusi dengan Joe Biden tersebut.

Beberapa hal yang disorot ialah soal saran agar segera dibangun sistem ketahanan kesehatan global.

Jokowi juga menyoroti soal perlu adanya mekanisme global untuk sumber daya kesehatan yang bisa diakses seluruh negara, terutama negara-negara berkembang.

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini