NOICE sebagai Industri Konten Audio di Indonesia, Kini Hadir dengan Fitur ‘NOICE Live’

NOICE sebagai Industri Konten Audio di Indonesia, Kini Hadir dengan Fitur ‘NOICE Live’ Kredit Foto: NOICE

Seiring dengan pertumbuhan konsumsi konten dalam medium digital di Indonesia yang kian meningkat, NOICE, platform konten audio streaming di Indonesia, berkolaborasi dengan para konten kreator Tanah Air. NOICE menghadirkan beragam konten audio original dan eksklusif di berbagai genre termasuk musik, hiburan, komedi, hobi, parenting, hingga religi.

NOICE juga menyediakan berbagai vertikal di platformnya seperti podcast, radio, audiobook, dan yang terbaru adalah fitur live audio, NOICE Live. Saat ini pertumbuhan basis pengguna NOICE meningkat signifikan yang kini telah mencapai hampir 1 juta pengguna di seluruh Indonesia dengan rata-rata waktu mendengarkan konten audio di aplikasi lebih dari 60 menit setiap harinya.

Baca Juga: Transformasi ke Digital Harus Segera Menyentuh Bisnis Inti

Chief Executive Officer (CEO) NOICE, Rado Ardian, menjelaskan, akses terhadap konsumsi konten audio nonmusik terus tumbuh pesat, menjawab mengapa konten audio seperti podcast, radio, audiobook, hingga live audio adalah tren hiburan yang makin lama kian diminati.

"Di tengah tren tersebut, platform penyedia konten audio nonmusik yang berkualitas di Indonesia masih sangat terbatas. Di sinilah NOICE sebagai platform audio lokal hadir untuk memacu perkembangan ekosistem konten audio streaming di Indonesia. NOICE terus berkomitmen untuk menjadi wadah bagi kreator lokal dan hyperlocal yang inklusif mewakili keberagaman kultur Indonesia dan mendukung tumbuhnya industri kreatif nasional," kata Rado dalam virtual konfresi pers, Selasa (28/9).

Rado juga memaparkan sejumlah tren konten audio lainnya yang menyebutkan setahun terakhir, pengguna paling banyak mendengarkan konten di aplikasi NOICE pada malam hari, dibandingkan siang hari. NOICE saat ini memiliki jaringan podcast terbesar di Indonesia dengan lebih dari 100 konten original dan eksklusif. Dengan konten yang beragam, NOICE hingga saat ini mencatat total waktu pengguna mendengarkan konten di aplikasi NOICE telah mencapai lebih dari 1 miliar menit.

Untuk itu, pekan ini NOICE resmi menghadirkan fitur terbaru, NOICE Live. Fitur interaktif ini memungkinkan para kreator untuk dapat berinteraksi dengan pendengarnya secara real time. Di NOICE Live, topik-topik menarik dari para kreator favorit akan diangkat dari mulai obrolan ringan, komedi, musik, hingga obrolan seputar bisnis maupun isu-isu terkini.

Chief Business Officer (CBO) NOICE, Niken Sasmaya, menjelaskan, platform NOICE diciptakan tidak hanya untuk memberikan ruang bagi para konten kreator dalam berkarya, tetapi juga untuk dapat berinteraksi dua arah dengan pendengarnya. NOICE Live merupakan sebuah inovasi yang dihadirkan untuk menjawab kebutuhan tersebut.

"Sebelumya, pengguna telah mampu berinteraksi dengan para konten kreator melalui fitur komentar, follow, direct message, share, dan banyak lainnya. Kini, interaksi tersebut akan makin diperkuat dengan adanya NOICE Live yang menghadirkan pengalaman social networking serta interaksi real-time antarkomunitas. Model interaktivitas ini kami harapkan dapat menarik lebih banyak basis pendengar NOICE untuk ke depannya," terang Niken.

Untuk dapat mengakses NOICE Live, pengguna yang telah mendaftarkan akun cukup membuka aplikasi NOICE dan meng-klik room yang ingin didengarkan kontennya. Di sisi lain, para kreator terverifikasi yang ingin membuat konten di room NOICE Live juga bisa mengundang pendengar untuk dapat menjadi pembicara/guest dalam room tersebut.

"Dengan ragam konten dalam berbagai format ini, pengguna dapat memilih mendengarkan konten audio dalam format yang mereka senangi dalam satu genggaman. Ke depannya, kami sangat ingin NOICE dapat menjadi daily companion app atau aplikasi yang menemani pendengar kami dalam keseharian mereka," tutup Rado.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini