Ngeri! Diabetes Punya Keterkaitan Kuat dengan Kesehatan Mulut karena…

Ngeri! Diabetes Punya Keterkaitan Kuat dengan Kesehatan Mulut karena… Kredit Foto: Pexels/Pavel Danilyuk

Kondisi diabetes sudah umum diketahui memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan lainnya. Glukosa atau gula darah tinggi berdampak buruk bagi kesehatan organ lainnya.

Dampak yang ditimbulkan termasuk kerusakan saraf, penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan bahkan kebutaan. Komplikasi kesehatan umum lainnya adalah penyakit gusi dan masalah kesehatan mulut lainnya.

Baca Juga: Penting! Tambahkan Kriteria Lauk Pauk Ini dalam Makanan karena Aman untuk Kondisi Diabetes

Melansir laman kesehatan Healthline, Menurut American Diabetes Association, penderita diabetes memiliki risiko lebih tinggi untuk gingivitis, penyakit gusi, dan periodontitis (infeksi gusi parah dengan kerusakan tulang).

Diabetes mempengaruhi kemampuan Anda untuk melawan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi gusi. Penyakit gusi juga dapat mempengaruhi kontrol gula darah tubuh.

Diabetes dikaitkan dengan peningkatan risiko sariawan, sejenis infeksi jamur. Selain itu, penderita diabetes cenderung memiliki mulut kering. Ini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko sariawan, nyeri, gigi berlubang, dan infeksi gigi.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam jurnal BMC Oral Health mengamati 125 orang dengan diabetes tipe 2. Peneliti mengukur faktor termasuk gigi yang hilang, kejadian penyakit periodontal, dan jumlah perdarahan gigi yang dilaporkan.

Studi ini menemukan bahwa kombinasi dari orang yang lebih lama menderita diabetes, semakin tinggi glukosa darah puasa mereka (fasting blood glucose), dan semakin tinggi hemoglobin A1C mereka (pengukuran gula darah rata-rata seseorang selama tiga bulan), semakin besar kemungkinan mereka untuk memiliki penyakit periodontal dan pendarahan gigi.

Baca Juga: Penting! Anda Perlu Melakukan Tes Diagnosis Diabetes Secepatnya, Alasannya karena…

Mereka yang tidak melaporkan pengelolaan diri yang cermat dari kondisi mereka lebih mungkin kehilangan gigi daripada mereka yang bekerja untuk mengontrol kadar gula darah mereka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini