Terpilih Jadi Presiden LDP, Kishida Bersiap Dilantik Jadi PM Jepang Ke-100

Terpilih Jadi Presiden LDP, Kishida Bersiap Dilantik Jadi PM Jepang Ke-100 Kredit Foto: Reuters/Toru Hanai

Mantan Menteri Luar Negeri Jepang Fumio Kishida kini bersiap dilantik sebagai Perdana Menteri, menggantikan Yoshihide Suga yang mundur setelah setahun menjabat, pada 3 September lalu.

Kepastian itu datang setelah Kishida memenangkan pemilihan internal partai berkuasa Jepang, Demokrat Liberal (LDP), pada Rabu (29/9/2021).

Baca Juga: Yoshihide Suga Mundur, Jepang Pilih Perdana Menteri Baru

Senin (4/10/2021) depan, Diet akan menggelar sidang parlemen untuk memilih Perdana Menteri ke-100 Jepang. Mengingat koalisi LDP memiliki suara mayoritas di kedua kubu parlemen, sidang tersebut tampaknya hanya formalitas.

Kishida yang kini berusia 64 tahun, terpilih menjadi Presiden LDP setelah menyingkirkan Menteri Reformasi Administrasi dan Vaksinasi Taro Kono dalam dua putaran pemilihan.

Pemilihan ini diikuti 429 suara. Rinciannya, 382 anggota suara dari parlemen partai dan 47 dari cabang prefektur. 

Kishida memenangkan 257 suara (249 dari anggota parlemen dan 8 dari cabang prefektur), mengalahkan Mr Kono yang mencetak 170 suara (131 dan 39).

Putaran pertama pemungutan suara ini juga diikuti mantan Menteri Dalam Begeri Sanae Takaichi (60) dan mantan Menteri Kesetaraan Gender Seiko Noda (61).

Dalam putaran ini, masing-masing dari 382 anggota parlemen mendapat satu suara, dengan 382 suara tersisa dibagi di antara 47 cabang prefektur. Sebanyak 1,1 juta anggota partai juga memiliki suara.

256 suara yang didulang Kishida terdiri dari 146 suara anggota parlemen dan 110 suara akar rumput. Sementara Kono, meraup 86 suara anggota parlemen dan 169 suara akar rumput.

Di tempat ketiga, mantan Menteri Dalam Negeri Sanae Takaichi (60) mengumpulkan 188 suara (114 anggota parlemen dan 74 suara akar rumput).

Selanjutnya
Halaman

Lihat Sumber Artikel di Rakyat Merdeka Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Rakyat Merdeka. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Rakyat Merdeka.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini