Adik Kim Jong-un Duduki Jabatan di Badang Tertinggi Pemerintahan

Adik Kim Jong-un Duduki Jabatan di Badang Tertinggi Pemerintahan Kredit Foto: AFP

Kim Yo-jong, adik perempuan Presiden Korea Utara Kim Jong-un, diangkat sebagai salah satu pejabat di badan tertinggi pemerintahan.

Kantor berita resmi Korea Utara KCNA melaporkan pada Kamis (30/9/2021) jika Kim Yo-jong dipromosikan ke Komisi Urusan Negara (SAC).

Baca Juga: Kim Jong-un Lagi-lagi Bikin Geger Tetangga, Soalnya Rudal Ganas Melesat ke Langit

Posisi baru Kim Yo-jong resmi diumumkan setelah mendapat persetujuan dari Majelis Rakyat Tertinggi, menurut laporan KCNA.

Menyadur Straits Times, Kamis (30/9/2021), tidak kurang sembilan anggota SAC diberhentikan, termasuk salah satunya adalah Pak Pong Ju, yang sebelumnya menjabat sebagai wakil presiden SAC.

Selain itu Choe Son Hui, diplomat wanita senior dalam hierarki Korea Utara yang telah memainkan peran kunci dalam negosiasi dengan Amerika Serikat, juga ikut diberhentikan.

Surat kabar resmi Rodong Sinmun memuat potret delapan orang anggota SAC yang baru diangkat pada hari Kamis, salah satunya adalah Kim Yo-jong.

Kim Yo-jong menjadi satu-satunya wanita yang menjabat di badan tertinggi Korut tersebut dan juga yang paling muda.

Kabar pengangkatan Kim Yo-jong tersebut merupakan jawaban dari berbagai spekulasi tentang posisinya di pemerintahan Korut.

Kim Yo-jong sering terlihat bersama Kim Jong-un, termasuk di pertemuan puncaknya dengan Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Selatan Moon Jae-in.

Peran politik Kim Yo-jong yang sebenarnya telah lama menjadi bahan spekulasi, termasuk kemungkinan bahwa suatu hari dia akan menggantikan kakaknya sebagai presiden Korut.

Dia kadang-kadang membuat kecaman pedas terhadap Washington atau Seoul dalam pernyataan yang disampaikan oleh media pemerintah.

Salah satunya ketika Korut hendak meledakkan kantor penghubung di sisi perbatasannya yang telah dibangun dan dibayar oleh Selatan.

Posisi baru Kim Yo-jong di SAC sejauh ini merupakan jabatan paling senior yang pernah dipegangnya.

Lihat Sumber Artikel di Suara.com Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Suara.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Suara.com.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini