Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

William Tanuwijaya Tegaskan Tokopedia Berbeda dengan Amazon, Ternyata Ini Pembedanya!

William Tanuwijaya Tegaskan Tokopedia Berbeda dengan Amazon, Ternyata Ini Pembedanya! Kredit Foto: Instagram/William Tanuwijaya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pendiri Tokopedia, William Tanuwijaya mengaku beruntung terlahir di era internet. Karena itu, William berharap rekan-rekan UMKM bisa mengubah mindset agar jangan hanya berjualan, tetapi juga bisa membangun brand.

Dalam video YouTube bertajuk "SEJARAH TOKOPEDIA - WILLIAM TANUWIJAYA DAN KAESANG - PART 1 - INSTAGRAM LIVE [ARCHICED]", bersama putra Presiden Jokowi, Kaesang, William mengatakan sesederhana apapun bisnis, yang terpenting adalah menjadikannya sebuah brand.

Baca Juga: Jadi Sosok Inspirasi Anak Muda, William Tanuwijaya: Bermimpilah dengan Mata Terbuka

Sebagai contoh, William mengambil contoh Seven Eleven (Sevel) yang sebenarnya hanya toko kelontong disebar menjadi franchise. Namun, karena brand, Sevel bisa lebih sukses daripada toko kelontong kebanyakan. Inilah dasar dari menjadikan ide sederhana sebagai brand yang luar biasa.

"Banyak yang jual ayam, tapi KFC bisa mendunia," ujar William.

Untuk membangun brand, harus ada value yang kita jaga secara konsisten. Karena itu perlu dibangun organisasi yang bisa menjaga value tersebut.

Di Tokopedia sendiri, William mengaku sangat mementingkan orang-orangnya yakni karyawan mereka untuk bisa mengetahui ide dasar berdirinya Tokopedia, sehingga bisa memiliki satu visi yang sama.

William mengungkap bahwa Tokopedia lahir dari masalah yang kita hadapi bersama. Meski dahulu forum KasKus sangat terkenal, tetapi hari ini telah kalah jauh dari Tokopedia. Ini karena William melihat salah satu kekurangan forum jual beli KasKus sangat rawan penipuan.

Halaman:

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel:

Video Pilihan