Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Jelang Hari Statistik Nasional, BPS Susun Strategi Transformasi

Jelang Hari Statistik Nasional, BPS Susun Strategi Transformasi Kredit Foto: Boyke P. Siregar
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Margo Yuwono, mengatakan bahwa Hari Statistik Nasional (HSN) pada 26 Desember mendatang akan menjadi momentum yang tepat bagi BPS untuk melakukan transformasi.

"HSN merupakan momentum bagi BPS untuk melakukan transformasi," kata Margo dalam konferensi pers virtual, Jumat (1/10/2021).

Baca Juga: BPS Sebut 3 Subsektor Dorong Peningkatan Nilai Tukar Petani Nasional

Ia menjelaskan upaya transformasi oleh BPS akan dikembangkan di berbagai aspek. Salah satunya adalah terkait pengumpulan data yang selama ini masih menggunakan metode wawancara tatap muka.

Kekurangan dari metode ini, menurut Margo, dibutuhkan biaya yang besar apabila sampel yang dikumpulkan dalam jumlah besar. Tak hanya itu, waktu dan kualitas pengumpulan data juga sangat bergantung pada kinerja para petugas.

Untuk itu, Margo menyampaikan pihaknya tengah mengupayakan untuk mengalihkan wawancara ke metode daring. Kendati demikian, ia mengakui masih ada sejumlah tantangan lantaran masih banyak masyarakat yang tingkat literasinya terbilang rendah.

Di sisi lain, BPS juga berencana untuk memanfaatkan penggunaan data administrasi dan big data sebagai sumber data baru. Margo menjelaskan hal tersebut dinilai penting karena dapat mereduksi biaya dan waktu dalam menyiapkan berita statistik tiap periode.

"Kami akan mengoptimalkan sumber data baru, baik dari data administrasi maupun big data," tuturnya.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel:

Video Pilihan