Penting! Berapa Kadar Gula Darah Normal untuk Penderita Diabetes?

Penting! Berapa Kadar Gula Darah Normal untuk Penderita Diabetes? Kredit Foto: Pexels/PhotoMIX Company

Kadar gula darah dalam tubuh adalah hal penting dalam konsep kondisi kronis diabetes. Baik gula darah yang rendah ataupun tinggi akan berdampak fatal bagi penderita diabetes.

Berdasarkan hal itu, penting bagi penderita diabetes untuk melakukan cek rutin kadar gula darah untuk memastikan kondisi tubuh tidak dalam bahaya.

Sebenarnya berapa kadar gula darah yang dikatakan normal? Berapa angka kadar gula darah yang harus diwaspadai penderita diabetes?

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Sering Mengalami Menggigil Kedinginan? Mungkin Ini Penyebabnya

Mengutip laman Live Science, Bagi kebanyakan orang, 80 hingga 99 miligram gula per desiliter sebelum makan dan 80 hingga 140 mg/dl (milligrams per deciliter) setelah makan adalah normal.

American Diabetes Association mengatakan bahwa kebanyakan orang dewasa yang tidak hamil dengan diabetes harus mengonsumsi 80 hingga 130 mg/dl sebelum makan dan kurang dari 180 mg/dl pada 1 hingga 2 jam setelah mulai makan.

Variasi kadar gula darah ini, baik sebelum dan sesudah makan, mencerminkan cara tubuh menyerap dan menyimpan glukosa. Setelah Anda makan, tubuh Anda memecah karbohidrat dalam makanan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil, termasuk glukosa, yang dapat diserap oleh usus kecil.

Baca Juga: Penting! Tubuh Penderita Diabetes Mengalami Kelelahan atau Lemas Hebat karena…

Dalama laman Healthline, dijelasksan bahwa American Diabetes Association (ADA) dan American Association of Clinical Endocrinologists (AACE) memiliki rekomendasi berbeda untuk target glukosa darah bagi kebanyakan orang dengan diabetes tipe 2.

Rekomendasi ADA menyebut saat puasa dan sebelum makan, target atau gula darah 80-130 mg/dL untuk orang dewasa yang tidak hamil. sedangkan AACE menyebut <110 mg/dL

Untuk kondisi setelah makan lebih tepatnya 2 jam setelah makan, ADA menyebut kadar gula darah berkisar pada <180 mg/dL untuk orang dewasa yang tidak hamil. Sedangkan AACE dengan kondisi yang sama menyebut kisaran <140 mg/dL.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Jika tes menunjukkan kadar gula darah Anda tidak normal, maka sangat disarankan untuk mengunjungi tenaga kesehatan yang ada untuk mendapat masukan dan penanganan yang tepat atas kondisi Anda.

Investasi terbaik ialah investasi leher ke atas. Yuk, tingkatkan kemampuan dan keterampilan diri Anda dengan mengikuti kelas-kelas di WE Academy. Daftar di sini.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini