Diabetes Meningkatkan Risiko Kanker Terutama pada Wanita

Diabetes Meningkatkan Risiko Kanker Terutama pada Wanita Kredit Foto: Pexels/Miguel Á. Padriñán

Kesehatan adalah aset berharga yang manusia bisa miliki. Bukannya tanpa alasan, di masa modern saat ini penyakit mulai dari kateegori ringan sampai berat sangat mudah mengampiri manusia. Diabetes adalah satu di antara kondisi kesehatan kronis yang sangat dihindari manusia.

Bukannya tanpa sebab, diabetes bisa dikatakan sebagai ‘gerbang’ dari segudang masalah komplikasi penyakit lainnya termasuk kanker.

Berkaitan dengan diabetes dan kanker, jika Anda wanita dan memiliki kondisi diabetes maka anda perlu waspada. Hal ini karena wanita yang mengidap diabetes memiliki risiko yang lebih besar terkena Kanker di kemudian hari.

Baca Juga: Waspada! Makan Makanan Tinggi Lemak Membuat Sistem Kekebalan Sulit Mendeteksi Sel Kanker

Melansir laman Live Science, pada tahun 2015, lebih dari 400 juta orang menderita diabetes dan 17,5 juta orang di dalamnya terdiagnosis menderita kanker menurut skala dunia secara keseluruhan.

Meskipun demikian penelitian tersebut yang telah menemukan hubungan antara diabetes dan risiko kanker masih belum mengekplorasi apakah ada kaitannya antara kondisi diabetes-kanker dengan jenis kelamin.

Dalam studi yang diterbitkan di jurnal Diabetologia, para peneliti menyaring studi sebelumnya yang melaporkan hubungan antara kanker dan diabetes. Setelah menghapus studi yang hanya melihat satu jenis kelamin dan studi yang tidak disesuaikan dengan usia, para peneliti akhirnya menganalisis data dari lebih dari 19 juta individu dengan diabetes tipe 1 atau tipe 2 di lebih dari 100 studi dan kumpulan data.

Para peneliti menemukan bahwa wanita dengan diabetes memiliki risiko kanker 27 persen lebih tinggi dibandingkan dengan wanita tanpa diabetes, sementara pria dengan diabetes memiliki risiko kanker 19 persen lebih tinggi dibandingkan dengan pria tanpa diabetes.

Membandingkan pria dan wanita, para peneliti menemukan bahwa wanita dengan diabetes memiliki risiko kanker 6 persen lebih tinggi daripada pria dengan diabetes.

Baca Juga: Apakah Hubungan Penyakit Diabetes dengan Hipertensi?

"Mengingat epidemi diabetes dan kanker, penting bagi wanita dengan dan tanpa diabetes, serta penyedia layanan kesehatan, menyadari peningkatan risiko kanker setelah diabetes pada wanita daripada pria dan mencoba untuk mencegah timbulnya diabetes. dan mengelola perkembangan diabetes," kata penulis utama studi Toshiaki Ohkuma seorang peneliti di divisi ginjal dan metabolisme di George Institute for Global Health di Australia.

Ketika para peneliti melihat jenis kanker tertentu, mereka menemukan bahwa wanita dengan diabetes lagi memiliki risiko lebih tinggi untuk sebagian besar kanker daripada pria dengan diabetes.

Misalnya, dibandingkan dengan pria dengan diabetes, wanita dengan diabetes memiliki risiko 11 persen lebih tinggi terkena kanker ginjal, 13 persen lebih tinggi risiko kanker mulut, 14 persen lebih tinggi risiko kanker perut dan 15 persen lebih tinggi risiko leukemia. Namun, pria dengan diabetes memiliki risiko 12 persen lebih tinggi terkena kanker hati dibandingkan dengan wanita dengan diabetes.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini