Bukan Hanya Covid-19, Flu Juga Bisa Picu Kondisi Long Flu

Bukan Hanya Covid-19, Flu Juga Bisa Picu Kondisi Long Flu Kredit Foto: Pexels/cottonbro

Covid-19 diketahui dapat menyebabkan terjadinya long Covid pada sebagian orang yang sudah pulih dari penyakit tersebut. Hal yang sama ternyata bisa juga terjadi pada kasus infeksi flu.

Berdasarkan studi terbaru, infeksi flu dapat memicu terjadinya long flu. Long flu merupakan kondisi di mana seseorang yang terinfeksi flu mengalami gejala berkepanjangan.

Baca Juga: Studi: Vaksin Covid-19 dan Vaksin Flu Aman Disuntikkan Bersamaan

Studi yang dilakukan oleh peneliti Oxford University ini menggunakan data dari sekitar 100.000 partisipan. Data tersebut memuat informasi mengenai orang-orang yang terdiagnosis dengan flu atau Covid-19 di Amerika Serikat.

Studi tersebut mendapati bahwa pasien Covid-19 memiliki kecenderungan lebih besar untuk mengalami gejala berkepanjangan dibandingkan pasien flu. Sebagai perbandingkan, sekitar 42 persen pasien Covid-19 dalam studi ini mengalami setidaknya satu gejala long Covid. Sedangkan pada kelompok pasien flu, hanya sekitar 30 persen saja yang mengalami gejala long flu.

Akan tetapi, peneliti menilai angka yang lebih besar pada kelompok pasien Covid-19 kemungkinan dipengaruhi oleh lebih banyaknya orang yang mencari perawatan medis ketika terkena Covid-19 dibandingkan flu.

Baca Juga: Meskipun Secara Umum Kasus Covid-19 pada Anak Rendah, Dampak Mengerikan Ini Dikhawatirkan Terjadi

Terlepas dari itu, studi ini menyimpulkan bahwa flu juga bisa memunculkan gejala berkepanjangan seperti halnya Covid-19. Baik pada kasus flu maupun Covid-19, gejala berkepanjangan ini berlangsung lebih lama dari penyakitnya.

"Banyak dari kita yang terkena flu mengetahi bahwa Anda tidak selalu merasa benar-benar membaik secepat yang Anda harapkan atau perkirakan," jelas salah satu ketua peneliti Profesor Paul Harrison, seperti dilansir Mirror.

Ketua peneliti lainnya, Max Taquet, mengatakan gejala berkepanjangan akibat flu seringkali terabaikan sebelumnya. Peneliti juga menilai perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait long flu.

Baca Juga: Penting! Ini Temuan Pfizer Soal Efek Samping Booster Vaksin yang Mereka Keluarkan, Ternyata…

Berkaitan dengan long Covid, sebagian orang berpikir bahwa kondisi tersebut hanya mengenai orang dewasa. Akan tetapi, laporan menyebutkan bahwa sektiar 10 persen dari murid sekolah menengah yang terkena Covid-19 mengalami long Covid. Gejala umum yang terjadi adalah kelelahan dan merasa lemas.

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini