Penting untuk Kesehatan, Atasi Lelah Fisik-Mental Selama Pandemi dengan Melakukan Hal Ini

Penting untuk Kesehatan, Atasi Lelah Fisik-Mental Selama Pandemi dengan Melakukan Hal Ini Kredit Foto: Pexels/Keira Burton

Rutinitas yang monoton bisa membuat setiap orang merasa kelelahan, baik secara fisik maupun mental. Ditambah lagi, penerapan jarak sosial dalam masa pandemi Covid-19 membuat segalanya tampak tidak pasti.

Akan tetapi, merasa lelah sebenarnya merupakan suatu hal yang normal. Alih-alih menghindari perasaan seperti itu, penting untuk menerimanya dan memilih cara bagaimana mengatasinya.

"Penting untuk beristirahat demi kesejahteraan kita dan untuk membantu memerangi epidemi stres," kata ahli gizi Lovneet Batra, dilansir Indian Express.

Baca Juga: Akibat Pandemi, dalam 3 Bulan Terakhir Hampir 200.000 Anak Dirujuk ke Layanan Kesehatan Mental

Batra menekankan pentingnya berupaya melawan epidemi stres yang dapat menurunkan kesehatan fisik dan mental. Rehat sejenak dari rutinitas dapat menjadi pilihan tepat untuk mengisi kembali energi tubuh.

"Anda mungkin tidak dapat pergi untuk liburan atau bahkan akhir pekan yang panjang, tetapi Anda pasti dapat mengambil sedikit istirahat. Anda benar-benar berhutang pada diri sendiri," kata Batra.

Berikut beberapa tips sederhana yang bisa dilakukan untuk mengatasi kelelahan maupun stres selama pandemi.

Baca Juga: Apakah Hubungan Penyakit Diabetes dengan Hipertensi?

Kurangi gawai

Matikan atau batasi penggunaan semua perangkat elektronik, baik itu komputer, tablet, ponsel, dan apa pun yang dapat menarik perhatian terhadap gawai. Luangkan waktu untuk hal bermanfaat lain, baik secara fisik atau rileks dalam pikiran sendiri.

Temukan momen kebahagiaan

Luangkan waktu untuk diri sendiri. Cara menemukan kebahagiaan bisa dengan pergi keluar dan mencari sinar matahari yang bisa dirasakan kulit. Pilihan lainnya bisa dengan mendengarkan musik yang favorit atau bahkan memakan sebatang cokelat favorit. Buatlah pilihan untuk bahagia dan Anda akan menjalani kehidupan yang jauh lebih menyenangkan.

Tidak makan terburu-buru

Jangan hanya menghabiskan makanan, tetapi makanlah dengan penuh rasa syukur. Nikmati setiap gigitannya. Berhenti sejenak dan renungkan waktu untuk mengamati detail kecil. Perhatikan dengan cermat hal-hal yang biasanya Anda anggap remeh.

Baca Juga: Waspada! Kesehatan Mental Terpengaruh karena Kualitas Tidur yang Buruk

Lihat Sumber Artikel di Republika Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan Republika. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab Republika.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini