Penting! Osteoporosis Menyerang Usia Tua, Beberapa Hal Ini Bisa Mencegahnya

Penting! Osteoporosis Menyerang Usia Tua, Beberapa Hal Ini Bisa Mencegahnya Kredit Foto: Unsplash/Harlie Raethel

Sebuah survei menyebutkan sekitar 4 persen pria berusia di atas 50 tahun memiliki penyakit tulang, dan 38 persen pria dalam kelompok usia tersebut memiliki kondisi yang disebut massa tulang rendah atau pra osteoporosis.

Osteoporosis dan patah tulang dapat dicegah dengan perubahan gaya hidup. Selain hindari merokok, berikut ini 4 langkah sehat yang bisa dilakukan untuk menjaga tulang sehat dan kuat seperti dilansir Men’s Health. Apa saja?

Baca Juga: Buat Tulang Semakin Kokoh, Makanan Ini Cocok untuk Cegah Osteoporosis

1. Konsumsi Makanan Tinggi Kalsium

Kalsium adalah mineral penting yang memberikan kekuatan struktural pada tulang (dan gigi). Ini juga membantu dal berbagai fungsi tubuh, seperti pembekuan darah dan kontrak otot. Jika persediaan kalsium ini tidak diisi ulang, tubuh mulai mengambil kalsium dari tulang.

Ada sejumlah makanan yang dapat memberi Anda kalsium, termasuk susu, sarden, salmon, dan berbagai sayuran hijau, seperti collard green, kale, dan brokoli. Selain itu, berbagai produk kini diperkaya dengan kalsium, termasuk oatmeal, sereal, jus jeruk, dan susu kedelai.

2. Buah Plum Kering

Baca Juga: Penting! Berapa Kadar Gula Darah Normal untuk Penderita Diabetes?

Penelitian menunjukkan makan buah plum kering dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Pada tahun 2011, sebuah penelitian menemukan orang dewasa yang makan plum kering (sekitar 10 per hari) selama setahun memiliki kepadatan mineral tulang secara signifikan lebih tinggi daripada orang yang makan buah lainnya. Plum memperlambat laju resorpsi tulang (pemecahan tulang), kata para peneliti.

3. Olahraga

Olahraga teratur sangat penting untuk kehidupan yang sehat, tetapi ketika datang ke tulang Anda, tidak semua latihan diciptakan sama. Untuk tulang yang kuat, para ahli merekomendasikan latihan beban dan latihan penguatan otot.

“Apa pun yang Anda lakukan dengan berjalan kaki, berjalan, berlari, melompat, bermain ski bagus untuk kesehatan tulang,” kata Lewiecki.

Baca Juga: Pengidap Diabetes Perlu Tahu, Dua Hal Ini Mampu Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh dengan Cepat

Tulang adalah jaringan hidup yang terus berubah; beberapa sel menambahkan kalsium ke tulang, sementara sel-sel lain mengeluarkan mineral dari tulang. Ketika Anda melakukan aktivitas fisik, sel-sel meningkatkan laju penambahan kalsium, menyebabkan tulang tumbuh lebih padat.(*)

Lihat Sumber Artikel di GenPI Disclaimer: Artikel ini merupakan kerja sama Warta Ekonomi dengan GenPI. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi artikel menjadi tanggung jawab GenPI.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini