Penting! Jam Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes Ternyata…

Penting! Jam Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes Ternyata… Kredit Foto: Unsplash

Mengatur kadar gula darah pada kondisi kesehatan diabetes adalah hal penting. Asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh berperan besar dalam konsistensi kadar gula darah. Makanan sehat dan tepat adalah asupan wajib bagi penderita diabetes.

Tetapi apakah untuk menjaga gula darah pada kondisi diabetes hanya soal tentang makanan apa yang dimakan? Adakah faktor lain misalnya waktu atau jam makan bagi penderita diabetes sendiri? Bagaimana penjelasannya?

Baca Juga: Pengidap Diabetes Perlu Tahu, Dua Hal Ini Mampu Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh dengan Cepat

Melansir laman usnews.com, Daniela Novotny, ahli diet terdaftar dan instruktur ilmu biomedis di Missouri State University di Springfield, Missouri, menjelaskan bahwa waktu makan dapat berperan dengan diabetes dan manajemen berat badan.

“Penelitian menunjukkan bahwa makan secara konsisten sepanjang hari dapat membantu mencapai dan mempertahankan kontrol glikemik.” Lanjutnya.

ontrol glikemik yang lebih baik, juga dikenal sebagai kontrol gula darah, dapat membantu meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan dan menghindari komplikasi diabetes.

Baca Juga: Penting! Berapa Kadar Gula Darah Normal untuk Penderita Diabetes?

Apakah itu berarti ada waktu yang tepat kapan Anda harus makan setiap hari, apa pun rutinitas makan Anda saat ini? Sebenarnya tidak.

Pedoman tentang kapan harus makan untuk kesehatan atau manajemen berat badan yang optimal sangat bervariasi untuk kita masing-masing. Namun, ada beberapa praktik umum yang baik untuk waktu makan atau camilan saat Anda menderita diabetes.

Sarapan

Praktik terbaik untuk sarapan adalah makan dalam waktu maksimal 1,5 jam setelah Anda bangun dan sarapan yang menggabungkan setidaknya dua kelompok makanan.

Jika Anda mencoba menurunkan berat badan, kurangi saja ukuran porsi Anda, saran Christen Cupples Cooper, asisten profesor dan direktur pendiri Program Nutrisi dan Diet di College of Health Professions di Pace University di Pleasantville, New York.

Porsi Kecil tetapi Lebih Sering

Novotny menganjurkan agar jangan sampai tidak makan apapun lebih dari lima jam di antara waktu makan. “Dengan begitu, banyak orang tidak merasa lapar di malam hari. Ini dapat mencegah makan berlebihan di malam hari, yang tidak baik untuk tingkat metabolisme.” katanya.

Baca Juga: Apa Benar Tidur di Pagi Hari Sebabkan Diabetes? Ternyata…

Pastikan untuk memeriksa gula darah Anda sebelum, di antara atau setelah makan seperti yang direkomendasikan oleh penyedia layanan kesehatan Anda. Bertujuan untuk waktu makan atau camilan yang konsisten, karena itulah yang diharapkan tubuh Anda.

Camilan

“Camilan sering dianggap sebagai makanan tinggi lemak, tinggi gula, dan tinggi garam,” kata Grinde-Busalacchi seorang ahli gizi diet terdaftar dan pendidik diabetes bersertifikat di Rumah Sakit Sharp Grossmont di La Mesa, California

“Jika makanan ringan dipilih dengan bijak dan ukuran porsi diikuti, makanan ringan dapat bermanfaat untuk menahan rasa lapar, yang dapat mencegah makan berlebihan pada waktu makan berikutnya.” Jelasnya.

Bahkan tidak apa-apa untuk memiliki camilan kecil sebelum tidur. Tetapi harus perlu diingat untuk tidak makan berlebihan sehingga gula darah menjadi naik.

Baca Juga: Penting! Ini 8 Cara Mewujudkan Kualitas Tidur yang Baik untuk Penderita Diabetes

Waktu Tidur dan Makan

Tidur adalah waktu tubuh kita untuk beristirahat dan memperbaiki, kata Cupples Cooper Christen Cupples Cooper, asisten profesor dan direktur pendiri Program Nutrisi dan Diet di College of Health Professions di Pace University di Pleasantville, New York.

Marie-Pierre St-Onge seorang profesor kedokteran nutrisi di Departemen Kedokteran Universitas Columbia di New York City menambahkan bahwa jika Anda makan banyak di malam hari, itu dapat memengaruhi siklus tidur yang sehat. Jika Anda sulit tidur, Anda akan sering lebih lapar di siang hari karena tubuh Anda akan terus mencari bahan bakar saat lelah.

Baca Juga: Penting! Penderita Diabetes Sering Mengalami Menggigil Kedinginan? Mungkin Ini Penyebabnya

Itu sebabnya tidur yang cukup memainkan peran penting dalam apa dan kapan Anda makan sepanjang hari. “Menjaga asupan makanan secara teratur sepanjang hari dapat membantu ritme sirkadian dan dapat membantu pengelolaan diabetes dan kesehatan yang optimal,” kata Novotny.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini