Mengapa Mengatur Waktu Makan Penting Bagi Penderita Diabetes?

Mengapa Mengatur Waktu Makan Penting Bagi Penderita Diabetes? Kredit Foto: Sindonews

Seringkali penderita diabetes atau orang awam yang menganggap bahwa dengan mengatur apa yang dikonsumsi maka itu sudah cukup untuk membuat kondisi diabetes tidak semakin parah. Meski memang tidak ada jadwal mutlak tentang jam-jam makan bagi penderita diabetes, mengatur jam makan punya bagian penting dalam penanganan kondisi diabetes.

Melansir laman kesehatan Healthline, berikut penjelasan mengapa mengatur jam makan penting dilakukan bagi penderita diabetes.

Baca Juga: Pengidap Diabetes Perlu Tahu, Dua Hal Ini Mampu Menurunkan Gula Darah dalam Tubuh dengan Cepat

Waktu Makan Membantu Pengaturan Gula Darah

Seperti yang mungkin sudah Anda ketahui dan rasakan sebelumnya, makan dengan jadwal makan yang cukup konsisten membantu menjaga gula darah Anda tetap stabil dan Anda merasa berenergi sepanjang hari.

Kondisi perut kosong terlalu laman di antara waktu makan maka Anda akan merasakan penurunan gula darah yang nyata, kata Vandana Sheth, RDN, CDCES, ahli diet berbasis di Los Angeles yang mengkhususkan diri dalam pengelolaan pradiabetes dan diabetes.

Sementara itu, jika Anda memutuskan untuk satu kali makan dengan porsi sangat besar per hari, pada akhirnya Anda kemungkinan akan mengalami peningkatan glukosa darah yang sangat dramatis dan kemudian kekurangan energi sepanjang hari, katanya.

Baca Juga: Penting! Berapa Kadar Gula Darah Normal untuk Penderita Diabetes?

Sementara kadar glukosa sering mencapai puncaknya dalam waktu sekitar 90 menit setelah makan, jumlah waktu yang diperlukan untuk kembali normal bervariasi dari orang ke orang. Itu juga tergantung apakah seseorang menggunakan obat penurun gula darah seperti insulin, yang dapat mempercepat penurunannya.

Makan Teratur Membantu Siklus dalam Tubuh

Waktu makan yang dijadwalkan secara teratur lebih dari sekadar tinggi dan rendahnya gula darah. Saat Anda makan juga merupakan sinyal yang kuat untuk setiap sel di seluruh tubuh Anda, memengaruhi tingkat peradangan, seberapa cepat tubuh Anda dapat mengganti sel lama yang sekarat dengan yang baru, yang lebih kuat, kesehatan mikrobioma usus Anda, dan bahkan jam sirkadian Anda.

Baca Juga: Apa Itu Diabetes?

Kesimpulannya adalah strategi waktu makan yang baik untuk manajemen gula darah Anda sangat bagus untuk kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan.

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini