Terkuak Kapan Posisi Kim Jong-un Digantikan Sang Adik Kim Yo-jong, Pakar Korsel Buka-bukaan!

Terkuak Kapan Posisi Kim Jong-un Digantikan Sang Adik Kim Yo-jong, Pakar Korsel Buka-bukaan! Kredit Foto: Getty Images/AFP/Luong Thai Linh

Pemimpin rahasia Korea Utara, Kim Jong-un, mungkin memiliki hingga tiga anak, tetapi banyak pengamat Korea percaya bahwa pemimpin negara berikutnya adalah seorang wanita.

Kim Yo-jong, melansir Daily Star, Senin (4/10/2021), saudara perempuan pemimpin tertinggi, pertama kali mulai menarik perhatian pada tahun 2014, ketika dia menemani saudara laki-lakinya di Majelis Rakyat Tertinggi.

Baca Juga: Teori Konspirasi Populer, Kim Jong-un Selama Ini Punya 2 Tubuh yang Berbeda

Pada tahun 2018, ia menjadi anggota pertama dari dinasti penguasa republik komunis yang mengunjungi Korea Selatan.

Banyak anggota keluarga Kim lainnya telah menemui ajal sebelum waktunya. Kim Jong-nam, saudara tiri Kim Jong-un secara misterius diracuni di bandara Kuala Lumpur di Malaysia pada tahun 2017.

Pamannya, Jang Song-thaek, dituduh bekerja melawan rezim Kim dan dilaporkan dieksekusi oleh regu tembak pada 2013.

Banyak pejabat tinggi lainnya telah disingkirkan, termasuk Wakil Menteri Angkatan Darat Kim Chol yang dilaporkan dieksekusi oleh tembakan artileri dan wakil menteri keamanan O Sang-hon yang dieksekusi oleh penyembur api.

Kim Yo-jong, 34, menjalankan Departemen Propaganda dan Agitasi Pyongyang, dan diperkirakan berada di balik penghancuran sebuah bangunan yang didirikan di dekat perbatasan untuk memfasilitasi hubungan antara Korea Utara dan Korea Selatan.

Tahun lalu, Kim Jong-un, 39, menyerahkan wewenang kepada saudara perempuannya untuk mengelola "urusan umum negara" tertentu untuk membantu meringankan beban kerjanya sendiri.

Pada bulan September tahun ini dilaporkan bahwa dia juga telah dipromosikan ke Komisi Urusan Negara Korea Utara.

Selanjutnya
Halaman

WE Discover

Berita Terkait

Video Pilihan

Terpopuler

Terkini